Pengembangan buku panduan tari "topeng malangan" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari siswa tunarungu di SLB BC Sumberpucung / Irsyad Ammatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan tari "topeng malangan" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari siswa tunarungu di SLB BC Sumberpucung / Irsyad Ammatullah

Ammatullah, Irsyad (2020) Pengembangan buku panduan tari "topeng malangan" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari siswa tunarungu di SLB BC Sumberpucung / Irsyad Ammatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ammatullah Irsyad. 2020. Pengembangan Buku Panduan Tari ldquo Topeng Malangan rdquo untuk Penunjang Ekstrakulikuler Seni Tari Siswa di SLB BC Sumberpucung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Effendi M.Pd M.Kes. (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Buku panduan tunarungu tari topeng malangan Buku panduan adalah media yang dijadikan panduan untuk membantu siswa menunjang pelatihan tari topeng malangan untuk anak tunarungu. Berdasarkan hasil observasi di SLB BC Sumberpucung mereka mengalami (1) kesulitan memahami setiap gerakan menari (2) kesulitan memahami ritme musik dalam menari dan (3) kesulitan memadukan gerakan menari dengan musik .Maka dari itu sebuah media sangat dibutuhkan untuk membantu siswa menunjang pelatihan tari topeng bapang malangan di SLB BC Sumberpucung. Tujuan peneliti membuat buku panduan ialah (1) melahirkan media dengan jenis buku panduan untuk penunjang ekstrakulikuler anak tunarungu di SLB BC Sumberpucung dan (2) siswa tunarungu akan lebih mudah dalam mengingat menghafal dan menyelaraskan setiap gerakan tarian ldquo Topeng Malangan rdquo serta irama musik yang mengiringi. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick amp Carey. Validator untuk memvalidasi buku panduan ini melibatkan satu ahli materi dua ahli media dua praktisi dua ahli ABK lalu subjek percobaan pengembangan ini melibatkan tiga murid yang berlatih tari topeng bapang malangan dengan dibantu guru ekstrakurikuler tari SLB BC Sumberpucung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku panduan ini sangat layak untuk digunakan dalam pelatihan tari topeng bapang malangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir validator ahli media memberi skor senilai 94% dan 91% hasil akhir validasi dari ahli abk memberi skor senilai 88% dan 93% hasil akhir validasi dari ahli materi memberi skor senilai 95% dan hasil akhir validasi dari ahli praktisi memberi skor senilai 89% dan 92% . Kemudian semua skor akhir dari masing-masing validator dijumlahkan dan dibagi sehingga memperoleh hasil 92% sehingga media buku panduan ini sangat layak untuk digunakan dalam pelatihan tari topeng bapang malangan. Kemudian pada ujicoba 3 subjek yang berlatih tari bapang malangan dimulai dari mengamati dan melakukan peragaan topeng dan aksesoris tari bapang malangan sampai menari bapang malangan secara individu 3 subjek memperoleh hasil akhir dengan skor 8 5 9 25 dan 8. Disimpulkan bahwa media ldquo Sitarbapang rdquo sangat valid untuk digunakan dengan melihat tujuan dari ldquo Sitarbapang rdquo ini ialah menghasilkan sebuah media yang sesuai bagi pengembangan seni tari siswa tunarungu dan efektif dalam kepenulisan penjelasan setiap gerakan dan gambar gerakan satu persatu secara semenarik dan sedetail mungkin dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142402

Actions (login required)

View Item View Item