Problema yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bina diri pada anak tunagrahita sedang di SDLB / Eunike Benu - Repositori Universitas Negeri Malang

Problema yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bina diri pada anak tunagrahita sedang di SDLB / Eunike Benu

Benu, Eunike (2020) Problema yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bina diri pada anak tunagrahita sedang di SDLB / Eunike Benu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Activity of daily living anak tunagrahita khususnya dressing yaitu diduga mengalami beberapa hambatan dalam mengenakan pakaian berkancing Pengaruh mood anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) yang berubah-ubah dan gangguan komunikasi interaksi sosial diduga menjadi kendala pengembangan Activity of daily living ini banyak mengalami hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Activity of daily living anak tunagrahita kelas VII di SLTPputra jaya Malang serta mengembangkan kemampuanActivity of daily living anak tunagrahita khususnya dressing yaitu mengenakan pakaian berkancing mengunakan media model audio-video. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan Metode pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia.Subjek/responden adalah guru dan orang tua. Penelitian dilaksanakan di sekolah dan di rumah subyek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap orang tua dan observasi mengenai peran orang tua dalam mengembangkankemampuan activity of daily living. Analisis data yangdigunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan perubahan kemampuan activity of daily living anak tunagrahita mengalami banyak perubahan yaitu mampu menggunakan pakaian berkancing sendiri mengancingkan kemeja satu persatu di mulai dari bagian atas sampai bagian bawah memasukkan kaki kanan ke lubang celana menarik celana ke pinggang mengancingkan kacing celana semua di lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain . Kesimpulan Berdasarkan hasil study pendahuluan ditemukan permasalahan pada anak tunagrahita kategori sedang kelas VII yaitu dalam pembelajaran bina diri khususnya dressing yaitu anak belum bisa memakai dan melepaskan pakaian berkancing. peneliti bertujuan memberikan pengajaran berulang-ulang kali dan memberikan contoh pada Media Audio-video karna anak tertarik menonton video maka peneliti anak memberiakan contoh melalui video cara memakai dan melepaskan pakaian berkancing yang benar. Saran yang di ajukan dalam penelitian ini adalah untuk penelitian selanjutnya adalah lebih fokus pada kegiatan anaktentang kegiatan bina diri yang di lakukan anak di rumahagar lebih memaksimalkan kemampuan anak dan Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentangperan orang tua untuk activity of daily living untuk kegiatanyang lain yang belum dijabarkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142397

Actions (login required)

View Item View Item