Pengembangan multimedia interaktif pengenalan huruf hijaiyah isyarat bagi siswa tunarungu kelas V di SLB PKK Gedeg / Anggita Dwi Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pengenalan huruf hijaiyah isyarat bagi siswa tunarungu kelas V di SLB PKK Gedeg / Anggita Dwi Nur Azizah

Azizah, Anggita Dwi Nur (2020) Pengembangan multimedia interaktif pengenalan huruf hijaiyah isyarat bagi siswa tunarungu kelas V di SLB PKK Gedeg / Anggita Dwi Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Anggita. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Isyarat Bagi Siswa Tunarungu Kelas V di SLB PKK Gedeg. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M Pd (II) Rizqi Fajar Pradipta S.Pd M.Pd Kata Kunci Huruf Hijaiyah Isyarat Multimedia Pembelajaran Interaktif Tunarungu Mengenal huruf hijaiyah adalah awal untuk anak belajar mengaji Al- Qur rsquo an. Dalam proses pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di SLB PKK Gedeg Mojokerto guru menggunakan media yang dianggap kurang membuat anak tertarik dalam pembelajaran. Maka diperlukan multimedia pembelajaran guna membantu guru dalam proses mengajar dan membantu anak dalam memahami materi. Maka daripada itu penggunaan multimedia interaktif ini bisa menjadi alternatif permasalahan disekolah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran multimedia interaktif pengenalan huruf hijaiyah untuk anak tunarungu di SLB PKK Gedeg yang valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Model rancangan pengembangan multimedia yang dilakukan menurut langkah Lee dan Owens yang sudah dimodifikasi. Adapun langkah- langkah yang dilakukan sebagai berikut 1) Penilaian/analisis (Assesment/Analysisa) 2) Design 3) Pengembangan (Development) 4) Implementasi (Implementation) 5) Evaluasi (Evaluation). Subyek dalam peneitian dan pengembangan ini adalah 4 siswa tunarungu kelas 5 di SLB PKK Gedeg Mojokerto. Adapun jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif materi membaca permulaan memenuhi kriteria valid yakni ahli media 82 4% ahli materi 83 3% praktisi 89 7% Dari hasil validasi ahli media ini dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan. Saran bagi siswa diharapkan siswa tetap memperhatikan guru pada saat penggunaan media dan dalam proses pembelajaran yang ada di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142396

Actions (login required)

View Item View Item