Nabila, Hilmi (2020) Pengembangan buku panduan budidaya holtikultura sawi untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa tunagrahita di SMALB / Hilmi Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nabila Hilmi. 2020. Pengembangan Buku Panduan Budidaya Hortikultura Sawi Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita di SMALB. Skripsi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd. (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata Kunci hortikultura sawi keterampilan vokasional tunagrahita Buku panduan budidaya hortikultura sawi adalah sebuah media yang berisikan tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) serta materi seputar budidaya hortikultura dan proses pembibitan sayuran sawi daging (pakcoy) hingga proses pasca panennya. Media ini di desain semenarik dan sederhana mungkin untuk meningkatkan kegiatan belajar vokasional siswa tunagrahita. Pengembangan media ini di buat sesuai dengan hasil observasi di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian-C Malang yaitu siswa tunagrahita kelas X yang memiliki kesanggupan rendah dalam mengingat serta memerlukan jangka waktu yang lama untuk menghafal kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran guna menjadi sumber alternatif dalam pencapai tujuan pembelajaran serta memudahkan siswa tunagrahita dalam memahami materi guna meningkatkan keterampilan vokasional khususnya di bidang pertanian. Selain itu tujuan pengembangan produk media untuk melihat tingkat kevalidan kemenarikan dan keefektivitasan produk yang akan dibuat oleh peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga (research and development-R amp D). Mengingat keterbatasan waktu keterbatasan tenaga dan sedang berlangsungnya pandemi COVID-19 di Indonesia maka prosedur berdasarkan teori Bord and Gall disederhanakan menjadi 6 langkah dalam pembuatan produk yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Revisi Desain (5) Validasi Desain dan (6) Revisi Produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media buku panduan budidaya hortikultura sawi valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran peserta didik tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan vokasional. Hal tersebut terbukti dari persentase validasi ahli media sebesar 96 2 % persentase validasi ahli materi sebesar 76 % persentase validasi ahli praktisi sebesar 80 % persentase validasi ahli pembelajaran sebesar 95 8 %. Kesimpulan dari produk yang dikembangkan berdasarkan perhitungan validasi tersebut secara keseluruhan memperoleh hasil 87%. Berdasarkan data tersebut jika mengacu pada kualifikasi penilaian pengambilan keputusan untuk merevisi produk dinilai sangat valid dan dapat digunakan dan buku panduan budidaya hortikultura sayuran sawi untuk siswa tunagrahita yang dapat dijadikan sebagai media untuk memudahkan penyampaian materi kegiatan pembelajaran vokasional di keterampilan pertanian di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian-C Malang. Saran yang diberikan untuk guru adalah guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran dalam menyampaikan materi budidaya horikultura dengan menyesesuaikan karakteristik peserta didik tunagrahita. Saran untuk peserta didik diharapkan mampu untuk memahami petunjuk belajar agar dapat menyelesaikan tugas di kegiatan latihan soal secara mandiri dan saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan materi secara luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |