Penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan di Universitas Negeri Malang / Gusti Nopika Narendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan di Universitas Negeri Malang / Gusti Nopika Narendra

Narendra, Gusti Nopika (2020) Penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan di Universitas Negeri Malang / Gusti Nopika Narendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Narendra Gusti Nopika. 2020. Penerimaan Diri Mahassiswa Tunanetra Dapatan Malang di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP (II) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd Kata Kunci penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan Individu tunanetra adalah Individu yang indra penglihatannya tidak berfungsi dengan baik sebagai saluran penerima informasi dalam menjalani kegiatan sehari-hari seperti orang pada umumnya. Tunanetra pada dasarnya ada yang bawaan dari lahir dan ada juga yang diperoleh setelah lahir. Kehidupan individu yang dahulu dapat melihat kemudian karena suatu hal yang terjadi menyebabkan individu menjadi seorang tunanetra. Bagi individu yang menjadi tunanetra setelah lahir tentunya dibutuhkan penyesuaian terutama dalam hal menerima diri dengan keadaan yang sekarang. Untuk menerima kondisi barunya tentu dibutuhkan proses yang sangat panjang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses tahapan penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan di Universitas Negeri Malang dan upaya yang dilakukan mahasiswa tunanetra dapatan untuk melanjutkan kehidupannya dengan kondisi tunanetra yang dialaminya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian adalah mahasiswa tunanetra dapatan di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses tahapan penerimaan diri dipengaruhi oleh kapan waktu terjadinya tunanetra. Selain itu Penerimaan diri mahasiswa tunanetra dapatan tidak berjalan konsisten. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa tunanetra dapatan untuk melanjutkan hidup dengan kondisi tunanetra yang dialaminya yaitu dengan cara berkuliah.Sedikit saran bagi siswa tunanetra jangan sampai hilang dalam kesedihan masa lalu kita harus berpikir jauh ke depan untuk menata masa depan dan mensyukuri yang ada sekarang karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142394

Actions (login required)

View Item View Item