Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas III SLB C Karya Ibu Palembang / Tri Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas III SLB C Karya Ibu Palembang / Tri Rachmawati

Rachmawati, Tri (2020) Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas III SLB C Karya Ibu Palembang / Tri Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati. Tri. 2020. Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Tunagrahita Kelas III Di SLB C Karya Ibu Palembang Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shodiq AM. M.Pd dan Dr. Sulthoni. M.Pd Kata Kunci Tunagrahita kemampuan membaca permulaan flashcard Tunagrahita memiliki tingkat kemampuan dan intelektualnya dibawah rata-rata yang mengakibatkan kesulitan dalam aktivitas akademik seperti membaca. Pada proses pembelajaran harus memanfaatkan strategi dan media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita yaitu media flashcard. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada kondisi baseline-1 (A1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada kondisi intervensi (B) (3) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada kondisi baseline-2 (A2) (4) mendeskripsikan pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan tunagrahita. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen single subject research (SSR) desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang siswa tunagrahita kelas III. Instrumen penelitian menggunakan lembar centang dengan komponen membaca huruf suku kata dan kata. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data visual yang meliputi analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil analisis data menunjukkan pada kondisi sebelum diberikan intervensi kemampuan membaca permulaan peserta didik masuk dalam kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 55% dan setelah diberikan intervensi masuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 78 7%. Pada saat pemberian intervensi kemampuan membaca permulaan peserta didik masuk kategori baik sekali dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 85 6%. Persentase overlap menunjukkan angka 0% yang menunjukkan bahwa media flashcard berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan membaca permulaan siswa sebelum diberikan intervensi termasuk kategori kurang (2) kemampuan membaca permulaan siswa saat diberikan intervensi termasuk dalam kategori baik sekali (3) kemampuan membaca permulaan siswa setelah diberikan intervensi termasuk dalam kategori baik (4) media flashcard berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita. Saran bagi guru diharapkan dapat mengembangkan media ataupun permainan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan subjek atau karakteristik yang berbeda agar informasi dan pengetahuan menjadi lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142393

Actions (login required)

View Item View Item