Perancangan buku pendukung ekstrakurikuler fotografi di SMA / Joshua Andrew Adiyaksa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku pendukung ekstrakurikuler fotografi di SMA / Joshua Andrew Adiyaksa

Adiyaksa, Joshua Andrew (2014) Perancangan buku pendukung ekstrakurikuler fotografi di SMA / Joshua Andrew Adiyaksa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adiyaksa Joshua Andrew. 2013. Perancangan Buku Pendukung Ekstrakurikuler Fotografi Di SMA . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. Sarjono M.Sn Kata kunci Perancangan Buku Manual Fotografi Bahan Ajar Ekstrakurikuler 12288 12288 12288 Dunia fotografi saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak kalangan yang hobi fotografi tak terkecuali siswa-siswi SMA. Hal ini ditunjukkan dengan diadakannya ekstrakurikuler fotografi di banyak SMA guna memberikan wadah untuk mengambangkan minat siswa-siswi. Namun tidak semua siswa-siswi menguasai penuh teknik-teknik dalam fotografi. Di samping itu metode pengajaran di kelas ekstrakurikuler fotografi itu sendiri menggunakan metode eksplorasi dimana siswa-siswi mencari sendiri bagaimana mendapatkan hasil foto yang baik dan benar tanpa diberi referensi yang jelas. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan buku manual yang menuntun siswa-siswi menggali lebih jauh tentang teknik fotografi dan menuntun mereka untuk menghasilkan karya fotografi yang baik. Materi-materi yang disajikan tentu mengenalkan bagian-bagian kamera baik kamera itu sendiri maupun lensa-lensa yang umum digunakan. Setelah itu materi utamanya adalah teknik dasar fotografi. Dengan pemilihan bahasa yang tidak baku bertujuan agar siswa-siswi dengan mudah memahami inti dari materi tersebut. 12288 12288 12288 Model perancangan yang dipakai merupakan model perancangan deskriptif kualitatif yang menggariskan langkah-langkah dalam menghasilkan sebuah produk dengan menggunakan sistematika perancangan yang dimiliki oleh Moeljadi Pranata yang disebut 3D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi data kajian data pustaka dan wawancara pada narasumber sebagai metode penelitian untuk mendapatkan data produk yang ingin dirancang serta kebutuhan target audiens. 12288 12288 12288 Hasil dari perancangan ini berupa buku tutorial dengan ilustrasi foto dan gambar sebagai media utama mengenai pengenalan serta penjabaran teknik dasar fotografi. Adapun spesifikasi ukuran dari buku ini adalah 21x20cm dengan jenis penjilidan softcover. Bentuk tersebut disesuaikan agar mudah untuk dibawa kemana saja. Buku ini diharapkan dapat menjadi buku panduan yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada target audiens. Kelebihan utama dari buku ini adalah penjelasan tentang materi fotografi yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar maupun foto serta layout yang minimalis sehingga target audiens tidak akan bosan ataupun kebingungan dalam mempelajari isi dari buku ini. Gaya desain yang simple-modern sengaja dipilih karena ingin memperkuat penyampaian pesan tanpa harus menambahkan elemen-elemen desain yang terlalu banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item