Pengaruh metode kumon untuk siswa slow learner pada kemampuan berhitung / Nur Laily Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode kumon untuk siswa slow learner pada kemampuan berhitung / Nur Laily Maghfiroh

Maghfiroh, Nur Laily (2020) Pengaruh metode kumon untuk siswa slow learner pada kemampuan berhitung / Nur Laily Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh Nur Laily. 2020. Pengaruh Metode Kumon Untuk Siswa Slow Learner pada Kemampuan Berhitung. Skripsi. Program Pendidikan Luar Biasa Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd . M.Pd (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata kunci Metode kumon slow learner kemampuan berhitung Slow learner adalah anak yang mengalami kesulitan belajar karena mempunyai IQ sedikit lebih rendah di bawah anak pada umumnya yaitu 70 sampai 90. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Bareng V Klojen Malang diketahui bahwa kemampuan berhitung siswa slow learner kelas III masih kurang. Metode ceramah yang diterapkan oleh guru kurang tepat dalam pembelajaran matematika. Anak slow learner membutuhkan metode yang lebih sederhana dan variatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berhitung sebelum menggunakan metode kumon (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung setelah menggunakan metode kumon (3) mendeskripsikan pengaruh metode kumon untuk siswa slow learner pada kemampuan berhitung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen single subject research (SSR) desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa slow learner kelas III. Instrumen penelitian menggunakan lembar kerja dengan komponen penjumlahan menggunakan teknik menyimpan dan tanpa teknik menyimpan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data visual yang meliputi analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode kumon berpengaruh untuk siswa slow learner pada kemampuan berhitung. Ini dibuktikan pada kondisi sebelum diberikan intervensi kemampuan berhitung anak termasuk dalam kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 53 25% dan setelah diberikan intervensi termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai sebesar 80 25%. Pada saat pemberian intervensi kemampuan berhitung termasuk dalam ketegori baik sekali dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86 2%. Persentase overlap menunjukkan angka 0% yang menunjukkan bahwa metode kumon berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142389

Actions (login required)

View Item View Item