Pratama, Ragat Gusfa Pratama (2021) pengembangan media interaktif berbasis video pembelajaran ipa (fauna) kelas 7 autis di slb autis laboratorium um / ragat gusfa pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratama Ragat Gusfa 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Video Pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII di SLB Autis Laboratorium UM. Skripsi. Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (2) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata Kunci Autis Media Interaktif Fauna Video Pembelajaran Autisme adalah gangguan perkembangan perpasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif bahasa perilaku dan interaksi sosial. Penyebab Autisme adalah gangguan neurobiologis berat yang mempengaruhi fungsi otal sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar secara efektif. Di SLB Autis Laboratorium UM siwa kelas VII mengalami permasalahan dalam mengenal macam-macam fauna membedakan macam-macam perkembangbiakan fauna dan macam-macam suara fauna dalam materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan karena media yang kurang efektif digunakan dalam pembelajaran tersebut sehingga dibutuhkan media yang sesuai yaitu media interaktif berbasis video pembelajaran IPA (Fauna). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media interaktif berbasis video pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII Autis di SLB Autis Laboratorium UM. (2) Menghasilkan Media interaktif berbasis video yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII Autis di SLB Autis Laboratorium UM dari segi bahasa materi dan tampilan video (cinematography). (3) Menguji Kelayakan media interaktif berbasis video pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII Autis di SLB Autis Laboratorium UM. (4) Mengetahui Efektifitas media interaktif berbasis video pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII Autis di Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari tiga validator media tiga validator materi 3 validator praktisi dan dua siswa kelas tujuh autis di SLB Autis Laboratorium UM. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis video pembelajaran IPA (Fauna) sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh dari para ahli sebagai berikut ahli media 3 sebesar 95 15% ahli materi sebesar 83 33% dan ahli praktisi sebesar 91 66%. Dari hasil rata-rata keseluruhan diperoleh skor sebesar 90 04%. Maka dapat diartikan bahwa media interaktif berbasis videio pembelajaran IPA (Fauna) kelas VII Autis sangat layak untuk ginunakan di SLB Autis Laboratorium UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |