Efendi, Anindita Putri Efendi (2021) Pengembangan video gerak variatif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada siswa cerebral palsy di slb abd negeri kedungkandang kota malang / Anindita Putri Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Efendi Anindita Putri. 2021. Pengembangan Video Gerak Variatif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Cerebral Palsy di SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd (2) Sinta Yuni Susilawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Video Gerak Variatif Ketrampilan Motorik Kasar Cerebral Palsy. Cerebral Palsy merupakan keadaan seseorang dengan ketidakmampuan anggota tubuh atau ketidakseimbangan anggota tubuh dalam melakukan fungsi motorik. Siswa Cerebral Palsy cenderung pasif dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengurangi hal tersebut maka peneliti merasa perlu untuk memberikan aktivitas yang dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar seperti gerakan gerakan sederhana. Gerak adalah suatu perpindahan posisi yang dilakukan oleh setiap orang baik di tempat maupun berpindah tempat. Dengan bergerak siswa dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar. Siswa Cerebral Palsy perlu melakukan aktivitas gerak yang menarik sehingga perlu dibuat serangkaian gerakan seperti gerak variatif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan video gerak variatif yang mampu meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa Cerebral Palsy di SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang dan menghasilkan video gerak variatif yang efektif dan layak diimplementasikan dalam pembelajaran siswa Cerebral Palsy. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983). Subjek validasi produk terdiri dari validator ahli media validator ahli materi dan validator ahli praktisi. Subjek uji coba dilakukan kepada 2 siswa Cerebral Palsy di SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang. Hasil pengembangan menunjukkan kelayakan dan keefektifan video gerak variatif. Hasil validasi dari 3 ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli praktisi menunjukkan bahwa video gerak variatif sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran olahraga dalam meningkatkan motorik kasar siswa Cerebral Palsy. Hasil yang diperoleh dari ahli media menunjukkan persentase 95% ahli materi 91% dan ahli praktisi memperoleh 95%. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa video gerak variatif efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata ketuntasan 90%. Berdasarka paparan data tersebut maka media pembelajaran berupa video gerak variatif sangat layak dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa Cerebral Palsy di SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang. Saran yang diajuka kepada (1) peneliti selanjutnya mampu mengembangkan video gerak variatif dengan gerakan gerakan yang lebih menarik (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan video gerak variatif dengan subjek Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang lebih luas lagi dan (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan keragaman wilayah dan populasi penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |