Pengaruh metode aba (applied behavior analysis) terhadap peningkatan kemampuan bahasa pada anak adhd (attention deficit hyperactivity disorder) di yayasan pelita kasih / F. Safiatur Rahmatillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode aba (applied behavior analysis) terhadap peningkatan kemampuan bahasa pada anak adhd (attention deficit hyperactivity disorder) di yayasan pelita kasih / F. Safiatur Rahmatillah

Rahmatillah, F. Safiatur Rahmatillah (0000) Pengaruh metode aba (applied behavior analysis) terhadap peningkatan kemampuan bahasa pada anak adhd (attention deficit hyperactivity disorder) di yayasan pelita kasih / F. Safiatur Rahmatillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang dialami ADHD tidak hanya sebatas kurangnyakemampuan atensi hiperaktivitas dan impulsif namun juga mengalamiketerlambatan dalam perkembangan bahasa. Perkembangan berbahasa ekspresifanak ADHD apabila tidak berkembang dapat mengakibatkan hambatankomunikasi dan interaksi sosial. Metode ABA (Applied Behaviour Analysis) dapatmeningkatkan perkembangan bahasa anak ADHD. Melalui teknik DTT(Discreate Trial Training) dan penggunaan kartu bergambar merupakan bagiandari metode ABA dapat meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode ABA (Applied Behaviour Analysis) terhadap kemampuan perkembangan bahasa ekspresif anakADHD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif danmenggunakanr penelitian SSR (Single Subject Research) desain A-B-Adengan satuan persentase. Subjek penelitian adalah anak ADHD. Data yangdidapatkan adalah data Baseline A1 intervensi Baseline A2 kemudian data dianalisa hasil yang didapatkan yaitu panjang kondisi Baseline A1 adalah 4 sesi kondisi intervensi adalah 6 sesi dan Baseline A2 adalah 3 sesi. Selanjutnya data dianalisa menggunakan grafik visual analisis yang terdiri dari analisa dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level dari Baseline A1sebesar 31 25 intervensi sebesar 59 dan Baseline A2 sebesar 93 03. Selain itu prosentase overlap sebesar 16%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh perkembangan bahasa. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini ialah guru dapat memanfaatkan metode ABA untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa dan menjalin komunikasi dua arah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142386

Actions (login required)

View Item View Item