Efektivitas penggunaan media interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar siswa tunarungu kelas xii slb negeri pandaan dalam pembelajaran daring / Andini Putri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar siswa tunarungu kelas xii slb negeri pandaan dalam pembelajaran daring / Andini Putri Lestari

Lestari, Andini Putri Lestari (0000) Efektivitas penggunaan media interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar siswa tunarungu kelas xii slb negeri pandaan dalam pembelajaran daring / Andini Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia menyebabkan perubahan pada sistem belajar mengajar yang semula dilakukan dengan tatap muka kini berubah menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan atau daring. Terdapat permasalahan pada proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus khususnya siswa tunarungu. Siswa kurang mampu memahami penjelasan materi yang disampaikan oleh guru melalui video call serta minat belajar menurunselama daring sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Hal itu disebabkan karena adanyaketerbatasan media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil belajar daring siswa tunarungukelas XII SLB Negeri Pandaan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar daring siswatunarungu kelas XII SLB Negeri Pandaan menggunakan media interaktif berbasis powerpoint (3) mendeskripsikan keefektifan media interaktif berbasis powerpoint untuk meningkatkanhasil belajar daring siswa tunarungu kelas XII di SLB Negeri Pandaan.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest OneGroup Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tunarungu kelas XII di SLB NegeriPandaan yang berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tes danobservasi. Analisis data menggunakan uji ranking bertanda Wilcoxon. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar daring siswa tunarungu kelas XIImenggunakan media interaktif berbasis powerpoint. Dari 5 siswa diperoleh nilai rata-ratapretest 28 sedangkan nilai rata-rata posttest lebih tinggi yaitu 75 2. Berdasarkan perhitunganuji Wilcoxon dengan n 5 pada taraf signifikansi 0 05 diperoleh Ttabel 1 maka Thitung 0 lt Ttabel 1 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaanhasil belajar siswa tunarungu sebelum dan sesudah perlakuan dan ini menunjukkan mediainteraktif berbasis powerpoint efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswatunarungu dalam pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini disarankan agar media interaktif berbasis powerpoint dapatdigunakan oleh guru sebagai media pembelajaran yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa tunarungu terutama dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142385

Actions (login required)

View Item View Item