Istiqlal, Alfani Nurul (2018) Studi kasus gangguan keterlambatan berbicara (speech delay) anak usia 6 tahun di PAUD Aisyiyah Assalam Desa Gurah Kabupaten Kediri / Alfani Nurul Istiqlal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Istiqlal Alfani Nurul. 2018. StudiKasusGangguanKeterlambatanBerbicara (Speech Delay) AnakUsia 6 Tahun Di PAUD AisiyahAssalamDesaGurahKabupaten Kediri.Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini JurusanKependidikan Dasar dan Prasekolah FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci Gangguan KeterlambatanBerbicara Anak Manusiatidakterlepasdariberbicarakarenamerupakanalatuntukberinteraksidengan orang lain. Keterlambatanberbicara (speech delay) merupakan salah satugangguandaripekembanganbicara. Berdasarkanhasilstudipendahuluanterhadapseoranganak TK B di PAUD AisyiyahAssalamditemukanbahwaanakdalamberbicaraartikulasi dan pengucapan kata yang tidakjelas beberapa kata masihterlihatcadeltermasukdalam kata sederhanabaik di sekolahmaupun di rumah. Anak juga memberikanresponnon verballebihdominandaripadarespon verbal. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui (1) gambarangangguanketerlambatanberbicara (2) faktor-faktorpenyebabgangguanketerlambatanberbicara (3) upayapenanganan yang dilakukan oleh guru dan orang tuauntukmeningkatkankemampuananakdenganketerlambatan. Pendekatankualitatifsebagaidasar yang digunakandalampenelitianinisertastudikasussebagaijenisrancangannya. Model analisis Miles dan Huberman digunakansebagaidasardalamanalisis data. Analisis data dilakukanmulaidari proses pengumpulan data reduksi data display data dan yang terakhirmenarikkesimpulan. Instrument utamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiri yang hadirsecaralangsung di lapangan. Hasil penelitiandiperolehbahwaanakdenganketerlambatanberbicaraketikaberbicaramengalamipengucapan yang kurangsempurna pada kata katatertentu kecenderungananakhanyamemberikanresponnon verbalterhadap stimulus yang diberikan. Faktorpenyebabgangguanketerlambatanberbicara yang dialamianakyaituanaktidakmendapatkan model yang baikuntukditirudalamberbicara dan menggunakan kata yang tepat anaktidakmemilikimotivasi yang kuatuntukberbicara kesempatanberbicara yang kurangadekuatbagianak. Sementaracarapenanganan yang dilakukan oleh guru yaitumemberikan stimulus untukberbicaradenganporsi yang lebihbanyakdaritemanlainnya. Anakakanmampumengekspresikankeinginannyamenggunakanbahasa verbal sertasenantiasabekerjasamadenganpihak orang tua agar penangananlebih optimal. Saran bagi orang tuayaitu orang tuahendaknyamenjadisosok yang dapatmemberikanmotivasi dan dorongankepadaanakdalam proses meningkatkankemampuanberbicara. Bagi guru yang utamamemberikan stimulus untukberbicaradenganporsi yang lebihbanyakdaritemanlainnya. Sedangkanbagipenelitiselanjutnyayaitudapatmenemukanperbandinganatarkeduaanak yang memilikigangguan yang samayaituketerlambatanberbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142383 |
Actions (login required)
View Item |