Analisis kemampuan body balance pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang / Roro Puspitaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan body balance pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang / Roro Puspitaningtyas

Puspitaningtyas, Roro (2020) Analisis kemampuan body balance pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang / Roro Puspitaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Body balance atau keseimbangan merupakan kemampuan untuk mempertahankan tubuh berdiri tegak dan seimbang baik secara statis maupun dinamis. Pentingnya body balance bagi tubuh yakni dapat mendeteksi kesehatan sederhana mengurangi resiko gangguan membaca dan menulis serta gangguan pada saat lansia. Penelitian dilakukan pada TK Kemala Bhayangkari 100 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup gambaran umum kemampuan body balance faktor yang mempengaruhi body balance dampak kurangnya aktivitas body balance upaya guru dalam mengatasi dan meningkatkan body balance pengetahuan guru tentang body balance serta sarana prasarana penunjang body balance. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi serta dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan Human Instrument yakni peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat diperoleh enam simpulan hasil penelitian. Pertama gambaran umum yaitu lembaga melakukan beberapa kegiatan yang bervariasi sehingga dapat meminimalisir kejenuhan dan meningkatkan rasa antusias pada anak. Kedua faktor yang mempengaruhi yakni takut dan kurang percaya diri. Ketiga dampak buruk yang terjadi yaitu anak kesulitan melihat obyek didepannya tidak mampu membuat garis lurus melakukan hal dengan ragu-ragu dan canggung. Keempat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dibantu oleh tutor/pelatih yang ahli dibidangnya melakukan beberapa kegiatan fisik motorik yang bervariasi dalam mengatasi masalah yakni dengan identifikasi latar belakang. Kelima urgensi kemampuan body balance dapat mendeteksi kesehatan fisik pada anak mengurangi resiko gangguan pada lansia dan mengurangi gangguan membaca dan menulis. Keenam sarana dan prasarana pada lembaga dirasa cukup untuk menstimulasi kegiatan motorik kasar anak. Saran peneliti untuk lembaga yaitu memasukkan kegiatan pada RPPH menilai menggunakan instrumen dan kriteria penilaian menambah alat permainan body balance dan saran untuk peneliti selanjutnya yaitu penelitian mengenai mengukur keefisienan dan keoptimalan tutor dalam meningkatkan body balance maupun motorik kasar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142310

Actions (login required)

View Item View Item