analisis implementasi kurikulum paud dalam pembelajaran pada masa pandemi di ra al-islam kabupaten malang / laili mufarrihah - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis implementasi kurikulum paud dalam pembelajaran pada masa pandemi di ra al-islam kabupaten malang / laili mufarrihah

Mufarrihah, Laili Mufarrihah (2021) analisis implementasi kurikulum paud dalam pembelajaran pada masa pandemi di ra al-islam kabupaten malang / laili mufarrihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufarrihah Laili.2021. Analisis Implementasi Kurikulum PAUD dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi di RA Al-Islam Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Samawi M.Hum. (2) Nur Anisa M.Pd. Kata kunci Muatan Kurikulum pembelajaran pandemi covid Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang berperan untuk menstimulasi perkembangan anak dalam melaksanakan perannya lembaga PAUD memiliki kurikulum sebagai pedoman. Kurikulum PAUD memuat 6 aspek perkembangan anak yaitu aspek perkembangan nilai agama dan moral fisik motorik kognitif bahasa sosial emosional dan seni. Muatan-muatan tersebut harusnya dapat diimplementasikan dengan maksimal namun pada awal tahun 2020 Indonesia mengalami pandemi sehingga pembelajaran dilaksanakan dalam jaringan. Peneliti menemukan fakta awal bahwa terdapat kesulitan-kesulitan dalam pengimplementasian muatan kurikulum tersebut dalam pembelajaran daring di RA Al-Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi muatan kurikulum dalam pembelajaran masa pandemi di RA Al-Islam Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari kondensasi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi muatan kurikulum aspek perkembangan nilai agama dan moral berupa kegiatan praktek sholat hafalan surat-surat pendek dan lain-lain. Implementasi muatan kurikulum aspek perkembangan fisik motorik berupa kegiatan senam menggambar dan mematuhi protokol kesehatan. Muatan kognitif diimplementasikan dengan kegiatan eksplorasi warna mengklasifikasikan benda dan mengenal huruf. Aspek bahasa diimplementasikan dengan kegiatan belajar memahami bahasa dan mengenal keaksaraan. Muatan seni diimplementasikan melalui kegiatan bernyanyi melukis dan kegiatan seni lain. Muatan sosial emosional tidak dapat diimplementasikan dalam pembelajaran daring di RA Al-Islam karena materi yang berkaitan dengan perilaku dan sikap sulit dilaksanakan saat anak dan guru tidak bertemu secara langsung. Muatan kurikulum dalam pembelajaran daring diimplementasikan melalui kegiatan sederhana yang dapat dilaksanakan di rumah. Pada satu kali pertemuan pembelajaran terdapat satu kegiatan yang hanya memuat satu hingga dua aspek perkembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142301

Actions (login required)

View Item View Item