Perancangan buku papertole tentang pengenalan hewan untuk siswa sekolah dasar / Arista Asmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku papertole tentang pengenalan hewan untuk siswa sekolah dasar / Arista Asmawati

Asmawati, Arista (2014) Perancangan buku papertole tentang pengenalan hewan untuk siswa sekolah dasar / Arista Asmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asmawati Arista. 2013.Perancangan Buku Papertole Tentang Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. Sarjono M.Sn Kata Kunci Perancangan Buku Papertole Hewan Hewan menjadi bahasan yang menarik untuk disampaikan pada anak-anak. Keberagaman jenis bentuk serta kebiasaan hewan dapat menimbulkan rasa penasaran pada anak untuk mengetahui lebih jauh. Rasa kemanusiaan dan empati anak juga dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pengenalan hewan. Karenanya diperlukan media edukasi untuk meningkatkan pengetahuan serta merangsang pola berpikir anak tentang hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Buku papertole merupakan alternatif media pembelajaran anak yang merupakan pengembangan dari buku bergambar dengan dipadukan seni mengkreasikan beberapa gambar dua dimensi agar seolah-olah terlihat tiga dimensi yang disebut papertole. Perancangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk desain komunikasi visual berupa buku papertole tentang pengenalan hewan untuk siswa kelas 1- 3 Sekolah Dasar. Secara khusus tujuan perancangan buku papertole adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang dunia hewan serta merangsang pola berpikir anak tentang hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Perancangan buku papertole tentang pengenalan hewan untuk siswa kelas 1-3 Sekolah Dasar ini menggunakan model perancangan prosedural dengan langkah-langkah yang sistematis terstruktur berurutan dan logis untuk menghasilkan produk. Masalah desain didekati secara rasional dideskripsikan tujuannya secara jelas kemudian dilakukan pengumpulan data yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Penentuan konsep perancangan ditetapkan berdasarkan analisis data lapangan dan kepustakaan. Hasil perancangan ini berupa buku papertole yang berisi pengetahuan tentang hewan meliputi ciri morfologi perkembangbiakan pernapasan jenis makanan habitat dan kebiasaan hewan. Isi buku disajikan sesuai dengan karakteristik anak menggunakan warna-warna cerah dengan ilustrasi non-realis dan gaya paparan naratif-semi formal. Dalam buku papertole disertakan halaman bonus yang mengajak anak untuk berinteraksi dengan buku. Melalui buku papertole ini diharapkan pengetahuan anak tentang hewan dapat meningkat diiringi timbulnya kesadaran dalam pola berpikir anak untuk menyayangi hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item