penerapan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok b di pg/ta hidayatul mubtadi'in malang / faridha shafira - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok b di pg/ta hidayatul mubtadi'in malang / faridha shafira

Shafira, Faridha Shafira (2021) penerapan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok b di pg/ta hidayatul mubtadi'in malang / faridha shafira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok B PG/TA Hidayatul Mubtadi rsquo in dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti dengan guru kelompok B. Kegiatan menggambar menggunakan metode ekspresi bebas pernah dilakukan satu kali tetapi hasil yang diperoleh belum maksimal sekitar 12 anak berada pada kriteria belum berkembang dan mulai berkembang (BB dan MB) sedangkan 5 anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak kelompok B pada kegiatan menggambar masih kurang sehingga perlu adanya stimulus lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar pada anak kelompok B dan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas pada hasil pembelajaran melalui penerapan metode ekspresi bebas pada anak kelompok B PG/TA Hidayatul Mubtadi rsquo in Malang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dimana peneliti menggunakan deskriptif dari data hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif yaitu digunakan untuk melihat capaian perkembangan anak secara klasikal. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pra tindakan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan yaitu pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Terdapat tiga indikator penilaian yang digunakan dalam kegiatan menggambar menggunakan metode ekspresi bebas yaitu fluency (kelancaran) flexibility (keluwesan) originality (keaslian). Ketuntasan belajar secara klasikal pada penelitian pra tindakan mendapatkan hasil 23%. Penelitian siklus I pertemuan pertama mendapatkan hasil 43% pertemuan kedua 51% sedangkan siklus II pertemuan pertama mendapatkan hasil 68% pertemuan kedua 78%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II pertemuan kedua sudah mencapai kriteria yang ditetapkan. Sehingga peneliti tidak perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Berdasarkan data tersebut bahwa kegiatan menggambar menggunakan metode ekspresi bebas dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di PG/TA Hidayatul Mubtadi rsquo in Malang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode ekspresi bebas pada setiap pembelajaran agar anak lebih kreatif. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan dalam melakukan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142297

Actions (login required)

View Item View Item