Krismawati, Novia Intan Krismawati (0000) pengembangan media koptar calista untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun / novia intan krismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media KOPTAR CALISTA merupakan media yang berbentuk kotak tiga dimensi berukuran 50cm x 50cm x 50cm berbahan dasar papan dan busa hati serta terdiri dari 4 sisi antara lain sisi roda putar huruf sisi rumah suku kata sisi jemuran kata dan sisi papan cerita. Media ini digunakan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun atau anak kelompok B yang meliputi menulis bentuk huruf (menulis) mengelompokkan gambar sesuai bunyi awalnya dan menyusun huruf menjadi kata (membaca awal) serta mengemukakan gagasan (bercerita). Hal ini sesuai dengan hasil observasidan wawancara yang dilakukan pada bulan Oktober-Desember terhadap 3 TK di Kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media KOPTAR CALISTA yang menarik efektif dan efisien dan produk berupa buku panduan penggunaan media tersebut. Pengembangan media KOPTAR CALISTA ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser-Mollend. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis) (2) Design (Perancangan) (3) Devlopment (Pengembangan) (4) Implementation (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaliasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan kuesioner untuk para ahli lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah pemberian angket observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kualitatif berupa masukan dan saran dari para ahli untuk memperbaiki media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji kelayakan media KOPTAR CALISTA diperoleh persentase 95 85% dari ahli bahasa dan 90 5% dari ahli media sehingga didapat persentase rata-rata 93 2%. Saran dan masukan yang diberikan ahli bahasa yaitu mempebesar ukuran gambar dan huruf pada sisi rumah suku kata dan jemuran kata sedangkan ahli media memberikan saran dan masukan untuk menambahkan cara penggunaan media dalam pembelajaran pada buku panduan. Berdasarkan uji coba kelompok kecil dan besar diperoleh persentase sebesar 92 05% efektif 100% efisien dan 94 6% menarik sehingga diperoleh persentase rata-rata 95 55%. Apabila dilihat pada tabel kriteria kelayakan media KOPTAR CALISTA termasuk dalam kriteria efektif efisien dan menarik sehingga dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Saran pengembangan lebih lanjut dapat menambah subjek uji coba menambahkan aspek perkembangan yang distimulasikan agar mencakup semua aspek perkembangan anak menganti kegiatan atau peralatan main yang digunakan sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142296 |
Actions (login required)
View Item |