implementasi pengembangan literasi melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di tk aisyiyah bustanul athfal 26 malang / dewi balqis rahmania hanum - Repositori Universitas Negeri Malang

implementasi pengembangan literasi melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di tk aisyiyah bustanul athfal 26 malang / dewi balqis rahmania hanum

Hanum, Dewi Balqis Rahmania Hanum (2021) implementasi pengembangan literasi melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di tk aisyiyah bustanul athfal 26 malang / dewi balqis rahmania hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penanaman budaya literasi sejak dini sangat diperlukan di era digital. Adanya kemampuan literasi pada anak maka akan tercipta generasi Indonesia yang melek akan informasi dan teknologi generasi yang adaptif dan antisipatif. Rendahnya literasi pada anak nantinya dapat mengakibatkan ketidakmampuan anak dalam mengatasi masalah sosial politik ekonomi dan budaya di dalam masyarakat selama kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki. Pada masa pandemi covid 19 terdapat prgram pengembangan literasi yang dilaksanakan melalui pembelajaran daring di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Program literasi dilaksanakan dengan menyenangkan melalui berbagai permainan. Berbagai kegiatan juga dilakukan seperti membacakan cerita pada anak mengundang pendongeng pada acara-acara tertentu dan mengadakan lomba yang dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Fokus penelitian ini adalah (a) implementasi pengembangan literasi melalui pembelajaran daring di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang (b) faktor pendukung pengembangan literasi melalui pembelajaran daring di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang (c) faktor penghambat pengembangan literasi melalui pembelajaran daring di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru dan orang tua anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Hasil penelitian memaparkan bahwa pengembangan literasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang dikembangkan melalui tiga tahap yaitu tahap pengenalan penerapan dan pemantapan. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi melalui daring di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang. Beberapa faktor pendukung yaitu (a) pemanfaatan teknologi (b) partisipasi orang tua (c) kreativitas guru merancang pengembangan literasi melalui daring. Adapun faktor penghambat pengembangan literasi melalui daring yaitu (a) respon orang tua yang kurang baik (b) kendala koneksi internet (c) suasana pembelajaran yang kurang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sekolah diharapkan dapat selalu melakukan inovasi dalam pengembangan literasi anak yang dilaksanakan melalui pembelajaran daring supaya ke depannya menjadi lebih baik. Serta mengembangkan strategi yang efektif untuk mendorong keterlibatan orang tua dalam pengembangan literasi. Sekolah dapat mengadakan program khusus untuk sosialisasi kepada orang tua terkait pengembangan literasi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142292

Actions (login required)

View Item View Item