pengaruh kegiatan finger printing pada tote bag terhadap perkembangan seni rupa anak usia 5-6 tahun di tk putra pembangunan kecamatan pakis kabupaten malang / laila alfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh kegiatan finger printing pada tote bag terhadap perkembangan seni rupa anak usia 5-6 tahun di tk putra pembangunan kecamatan pakis kabupaten malang / laila alfiana

Alfiana, Laila Alfiana (2021) pengaruh kegiatan finger printing pada tote bag terhadap perkembangan seni rupa anak usia 5-6 tahun di tk putra pembangunan kecamatan pakis kabupaten malang / laila alfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada anak kelas B di TK Putra Pembangunan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Perkembangan aspek seni terutama seni rupa pada anak kelas B di TK Putra Pembangunan masih belum berkembang dengan optimal. Penyebab perkembangan seni rupa pada anak belum optimal antara lain kurangnya referensi atau informasi yang dapat diakses guru terkait strategi untuk menstimulasi kreativitas dalam perkembangan seni rupa dan adanya kecenderungan dari anak untuk meminta arahan guru. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dilihat dari aspek seni yaitu menggambar dan mewarnai. Anak tidak bersemangat dengan kegiatan tersebut karena kegiatan yang diciptakan terlalu monoton. Anak sering meminta arahan dari guru terkait kegiatan yang dilaksanakan di TK sehingga kreativitas anak bergantung pada guru. Pembelajaran di sekolah haruslah dengan menciptakan kegiatan yang kreatif menarik dan menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan seni rupa anak. Kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran akan disenangi oleh anak sehingga anak lebih mudah menguasai apa yang diajarkan oleh guru. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yaitu pre-experimental design - one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan yaitu 16 anak kelas B di TK Putra Pembangunan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t) dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger printing pada tote bag berpengaruh terhadap perkembangan seni rupa anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Aspek yang digunakan dalam penelitian yaitu eksplorasi ekspresi dan apresiasi. Hasil nilai pada pretest memiliki rata-rata yaitu 17 94 nilai maksimum yaitu 21 nilai minimum yaitu 16 dan standar deviasi yaitu 1 340. Hasil nilai pada posttest memiliki rata-rata yaitu 34 625 nilai maksimum yaitu 38 nilai minimum yaitu 30 dan standar deviasi yaitu 2 363. Uji hipotesis menggunakan paired sample t test diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0 000. Nilai sig. (2-tailed) lt 0 05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari pernyataan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest seni rupa anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger printing pada tote bag berpengaruh terhadap perkembangan seni rupa anak usia 5-6 tahun di TK Putra Pembangunan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dalam memberikan kegiatan pembelajaran khususnya dalam mengembangkan kemampuan seni rupa anak dan membuat inovasi baru terkait media pengaplikasian hasil karya yang akan digunakan dalam kegiatan finger printing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142291

Actions (login required)

View Item View Item