Meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak berkebutuhan khusus speech delay dan slow learner melalui kegiatan menggambar dekoratif usia 5?6 tahun / Mayang Arengga Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak berkebutuhan khusus speech delay dan slow learner melalui kegiatan menggambar dekoratif usia 5?6 tahun / Mayang Arengga Mukti

Mukti, Mayang Arengga Mukti (0000) Meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak berkebutuhan khusus speech delay dan slow learner melalui kegiatan menggambar dekoratif usia 5?6 tahun / Mayang Arengga Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arengga Mayang. 2021. Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Speechh Delay dan Slow Learner Melalui Kegiatan Menggambar Dekoratif Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Suryadi S.Sn Kata Kunci Anak Berkebutuhan Khusus Menggambar Dekoratif Abstrak Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki memori visual yang sangat baik dan juga kemampuan untuk berfikir luas pada gambar dengan daya ingat yang baik terlebih pada gambar dan teks tertulis daripada bahasa verbal atau dialog secara langsung. Fakta ini membuat anak ABK memiliki keunikan dalam memvisualkan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan dan proses kegiatan menggambar dekoratif dalam meningkatkan kemampuan seni rupa anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk mengetahui proses dan permasalahan pada sekelompok anak.. penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan kerangka siklus spiral yang terdiri dari empat item/komponen yaitu rencana (planning) tindakan (action) dan observasi (observing) serta refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data atau Instrumen berupa lembar observasi wawancara dan catatan lapangan yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan kegiatan pada seluruh siklus sudah mencapai peningkatan kemampuan seni rupa yang cukup signifikan. Sehingga tindakan untuk kegiatan menggambar dekoratif pada penelitian ini sudah mencapai target. Kesimpulan penelitian ialah Penerapan kegiatan menggambar dekoratif dilakukan melalui 2 Siklus dimana Elaborasi dalam kegiatan menggambar dekoratif menunjukkan peningkatan kemampuan seni rupa Eksplorasi pada tindakan siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa menggambar dapat membangun/meningkatkan imajinasi dan kemampuan seni rupa terkhusus anak berkebutuhan khusus dalam bentuk verbal dan nonverbal. Saran dalam penelitian ditujukan kepada guru untuk memanfaatkan media yang lebih bervariasi sehingga anak-anak juga lebih semangat dalam mengikuti kegiatan dan peneliti lain untuk melakukan penelitian berikutnya dengan menyiapkan media yang lebih inovatif dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142289

Actions (login required)

View Item View Item