Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pola tas pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang / Muti'ah Fiviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pola tas pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang / Muti'ah Fiviana

Fiviana, Muti'ah (2020) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pola tas pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang / Muti'ah Fiviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan dinyatakan 81 8% dari 11 anak pada kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang kemampuan motorik halus anak masih tergolong rendah. Latar belakang permasalahan tersebut adalah kurangnya inovasi kegiatan yang menarik untuk mengembangkan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kegiatan menjahit pola tas pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang dan mendeskripsikan peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pola tas pada anak kelompok A RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Model siklus yang digunakan adalah Kemmis MC taggart yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik ini digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan kegiatan menjahit pola tas dan peningkatan motorik halus anak. Analisis data dilakukan dengan mengolah instrumen evaluasi kegiatan menjahit pola tas dalam bentuk persentase. Penerapan kegiatan menjahit pola tas ini dimulai dengan penyusunan RPPH selanjutnya menunjukkan contoh hasil jahitan yang sudah jadi untuk menimbulkan keingin tahuan anak pengenalan alat dan bahan pendemonstrasian kegiatan menjahit kemudian anak melaksanakan kegiatan menjahit sesuai dengan yang telah dicontohkan. Penerapan kegiatan menunjukan bahwa perkembangan motorik halus anak terstimulasi berdasarkan indikator kecepatan keluwesan kecermatan dan ketepatan. Peningkatan motorik halus anak pra tindakan yaitu 9 09 % dan diperoleh hasil pada siklus I yaitu 54 54% hingga meningkat menjadi 81 8 pada siklus II. Kemampuan motorik halus anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Sawojajar Kota Malang mengalami peningkatan sebesar 27 26% dari siklus I sampai berakhir siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penerapan kegiatan menjahit pola tas juga dapat meningkatkan motorik halus anak saran yang diperoleh diharapkan hasil penerapan kegiatan menjahit pola tas dapat diterapkan oleh guru lembaga dan peneliti selanjutnya dapat dikembangkan dengan berbagai variasi media bahan lain atau aspek perkembangan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142283

Actions (login required)

View Item View Item