Peningkatan inisiatif anak melalui kegiatan bermain konstruktif pada anak usia 5-6 tahun di RA Yapita Kabupaten Pasuruan / Resita Galuh Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan inisiatif anak melalui kegiatan bermain konstruktif pada anak usia 5-6 tahun di RA Yapita Kabupaten Pasuruan / Resita Galuh Purnomo

Purnomo, Resita Galuh (2020) Peningkatan inisiatif anak melalui kegiatan bermain konstruktif pada anak usia 5-6 tahun di RA Yapita Kabupaten Pasuruan / Resita Galuh Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purnomo Resita Galuh. 2020. Peningkatan Inisiatif Anak Melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Yapita Kabupaten Pasuruan. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd. (II) Wuri Astuti S.Pd. M.Pd. Kata kunci inisiatif bermain konstruktif Inisiatif adalah potensi yang tampak pada individu untuk membuat keputusan dan menentukan atas kesadaran diri. Proses pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini yaitu dengan bermain. Bermain anak dapat mengeksplor dan berinovasi untuk mengembangkan dirinya. Bermain memberikan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan diri. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat mengasah inisiatif anak dalam berkreasi adalah bermain konstruktif. Anak dapat mengekspresikan dirinya minat dan kemauannya melalui bermain konstruktif. Terdapat berbagai macam alat atau media yang dapat digunakan salah satunya yaitu lego dan plastisin. Hasil observasi yang telah dilakukan pada anak kelompok B rentang usia 5-6 tahun di RA Yapita Kabupaten Pasuruan. Hasil eksplorasi yang dilakukan oleh peneliti ada 4 anak dari 6 anak masih kurang dalam kemampuan inisiatifnya dapat terlihat dari anak yang masih dalam melakukan kegiatan takut untuk membuat keputusan sendiri. Hanya ada 33 3% anak yang kemampuan inisiatif nya baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan kondisi yang berbeda dikarenakan adanya pandemi covid-19. Penelitian dilaksanakan di salah satu rumah anak. Subyek penelitian ini yaitu kelompok B yang berusia rentangan 5-6 Tahun yang berjumlah 6 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 1 anak laki-laki yang dilaksanakan pada semester ganjil 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan inisiatif dari kegiatan bermain konstruktif (bermain plastisin bermain lego). Hal ini dibuktikan dari data penelitian yang telah dilakukan pada pratindakan inisiatif anak mencapai 33 3% dengan presentase tersebut kriteria keberhasilan belum tercapai. Pada tindakan penelitian selanjutnya yaitu pada tindakan siklus I inisiatif anak mencapai 50% dengan presentase tersebut kriteria keberhasilan masih belum tercapai. Kriteria keberhasilan yang didapat pada siklus I yang belum tercapai yang mana masih belum mencapai presentase keberhasilan yang telah ditentukan. Pada tindakan siklus II yang telah diperbaiki dengan memperhatikan hal-hal yang perlu diperbaiki pada siklus I. Pada tindakan penelitian siklus II inisitif anak mencapai presentase ketercapaian kelas presentase sebesar 83 3% dengan presentase tersebut kriteria keberhasilan sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142280

Actions (login required)

View Item View Item