Perbaikan kemampuan penalaran siswa kelas V melalui pemberdayaan pertanyaan pada pembelajaran IPA SDN Gadungan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nurfiana Feria - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbaikan kemampuan penalaran siswa kelas V melalui pemberdayaan pertanyaan pada pembelajaran IPA SDN Gadungan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nurfiana Feria

Nurfiana, Feria (2014) Perbaikan kemampuan penalaran siswa kelas V melalui pemberdayaan pertanyaan pada pembelajaran IPA SDN Gadungan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nurfiana Feria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurfiana Feria. 2014. Perbaikan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas V melalui Pemberdayaan Pertanyaan pada Pembelajaran IPA SDN Gadungan 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dra. Wasih DS M.Pd. (2) Dra. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci kemampuan penalaran pembelajaran IPA pemberdayaan pertanyaan. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Gadungan 02 yang menunjuk kan bahwa tingkat kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran IPA masih kurang berkembang. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran berlangsung guru belum mengembangkan keterampilan yang mengembangkan kemampuan pena-laran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V pada pratindakan (2) Bagaimana kemampuan pena-laran siswa kelas V dalam pembelajaran IPA pada pratindakan (3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pemberdayaan pertanyaan pada pembela-jaran IPA pada setiap siklus (4) Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui pemberdayaan pertanyaan pada setiap siklus (5) Bagaimana perbaikan kemampuan penalaran siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui pemberdayaan pertanyaan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa ke-las V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan belum mencapai keberhasilan. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran pratindakan hanya sebesar 38 35 dengan kua-lifikasi nilai sangat kurang baik (SKB). Penerapan pemberdayaan pertanyaan pa-da pembelajaran IPA dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I aktivitas siswa menggunakan pemberdayaan pertanyaan mendapat rata-rata 56 7. Rata-rata terse-but termasuk kualifikasi cukup baik. Pada siklus II rata-rata kemampuan penalar-an siswa menggunakan pemberdayaan pertanyaan meningkat menjadi 71 skor ter-sebut termasuk kualifikasi baik. Kemampuan penalaran siswa kelas V dalam pem-belajaran IPA dengan menggunakan pemberdayaan pertanyaan mengalami pe-ningkatan pada tiap siklus. perolehan skor rata-rata siswa yang mengalami pening-katan secara bertahap mulai dari siklus I dan siklus II. Dari akhir siklus I diketa-hui kemampuan penalaran siswa hanya 55 4 dengan kualifikasi cukup baik se-dangkan pada akhir siklus II meningkat menjadi 70 02 dengan kualifikasi baik. Ja-di dapat disimpulkan bahwa penerapan pemberdayaan pertanyaan dalam pembela-jaran IPA dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Guru disarankan untuk (1) menciptakan suasana pembelajaran yang mena-rik perhatian siswa baik berupa pemecahan masalah maupun berupa proses pene-muan melalui memberdayakan pertannyaan yang mengarahkan siswa melakukan pengalaman langsung dalam pembelajaran (2) Guru disarankan dengan kesadaran dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan penalaran dalam pembelajaran untuk mengembangkan penalaran siswa (3) Guru dapat menerapkan pemberdayaan per-tanyaan pada pembelajaran dalam rangka memperbaiki kemampuan penalaran sis-wa dalam membangun sendiri pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142267

Actions (login required)

View Item View Item