"Panji Inukertapati" sebuah film animasi untuk mengangkat kesenian wayang topeng Malang / Karunia Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

"Panji Inukertapati" sebuah film animasi untuk mengangkat kesenian wayang topeng Malang / Karunia Ramadhani

Ramadhani, Karunia (2013) "Panji Inukertapati" sebuah film animasi untuk mengangkat kesenian wayang topeng Malang / Karunia Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhani Karunia. 2013. Panji Inukertapati sebuah film animasi untuk mengangkat kesenian wayang Topeng Malang. Malang. Skripsi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Kata Kunci Panji Film Animasi Topeng Malang. 12288 12288 12288 12288 Kesenian di Indonesia sangat beraneka ragam dan unik setiap daerah memiliki kesenian khasnya masing-masing. Contohnya wilayah Malang Raya ini yang memiliki sebuah kesenian unik dan khas yang memiliki banyak potensi luar biasa sebagai sebuah kesenian. Cerita-cerita mengenai Panji yang menjadi sumber utama cerita wayang Topeng Malang. Hanya orang yang memang penikmat kesenian saja mengetahui tentang wayang Topeng Malang. Karena kurangnya media promosi inilah kesenian wayang Topeng ini tidak banyak diketahui. 12288 12288 12288 12288 Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perancangan diawali dengan merumuskan latar belakang masalah menetapkan tujuan perancangan mengumpulkan data-data yang diperlukan identifikasi dan analisis data sintesis menetapkan konsep perancangan media utama dan media pendukung. Masing-masing media dihasilkan dengan tahap perencanaan media dan perencanaan kreatif kemudian menghasilkan sebuah desain final yang kreatif dan menarik dan baru di pasaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari perancangan ini adalah film animasi berjudul Panji Inukertapati . Film animasi yang mengisahkan cerita tentang cinta dan pengorbanan dalam dunia pewayangan Topeng Malang. Produk didesain dengan mengusung tema etnik dan klasik yang menggunakan gaya desain grunge dan manga sebagai elemen utama pada gaya gambar dan background yang digunakan ada 5 karakter utama yang dihasilkan yaitu Panji Asmorobangun Dewi Reni Dewi Sekartaji Prabu Lembu Amiluhur Udapati Kertala dan Dewi Kilisuci. Desain ini disesuaikan dengan target audiens yaitu remaja. Film animasi ini dapat digunakan untuk pengenalan lebih dekat tentang wayang Topeng Malang dengan cara penyampaian story telling yang diangkat pada film seperti pada pertunjukan wayang Topeng pada aslinya yang disampaikan oleh dalang. Backsound pada film menggunakan tembang wayang Topeng seperti aslinya. Media pendukung perancangan ini adalah media promosi. Media promosi yaitu X-banner poster dan stiker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14217

Actions (login required)

View Item View Item