Perancangan buku cerita panggung Kancil Memperdayai Kera umtuk anak usia 3-6 tahun / Ika Setiawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita panggung Kancil Memperdayai Kera umtuk anak usia 3-6 tahun / Ika Setiawanto

Setiawanto, Ika (2013) Perancangan buku cerita panggung Kancil Memperdayai Kera umtuk anak usia 3-6 tahun / Ika Setiawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawanto Ika. 2013. Perancangan Buku Cerita Panggung Kancil Memperdayai Kera Untuk Anak Usia 3 - 6 Tahun. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranti Sayekti S.Sn M.Si (II) H. J. Hendrawan S.Sn M.Ds Kata kunci Perancangan Redesain Buku Cerita Panggung anak-anak si kancil Dahulu dongeng kancil sangat popular dikalangan anak-anak bahkan ada salah satu stasiun tv swasta yang pernah menayangkan acara tv tentang dongeng ini. Merupakan kenyataan bahwa saat ini cerita anak berkembang luar biasa baik dalam berbagai bentuk jenis dan asal-usulnya. Dongeng kancil barangkali mulai tidak diceritakan lagi oleh generasi orang tua jaman sekarang mungkin karena kesibukannya atau bahkan akibat perkembangan teknologi cetak dan teknologi elektronik (khususnya televisi). Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan buku cerita panggung berjudul Kancil Meperdayai Kera sebagai upaya untuk mengenalkan kembali dongeng si kancil kepada anak generasi sekarang selain itu sebagai alternative media dongeng orang tua kepada anak sehingga memudahkan orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak sejak dini. Melalui tokoh-tokoh dalam cerita yang berbentuk boneka jari orang tua dapat berinteraksi dengan anak secara langsung sehingga anak tidak merasa digurui. Model yang digunakan adalah model perancangan dari Borg and Gall untuk produk utama buku cerita panggung dan Sanyoto Sadjiman untuk media promosi yang telah disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan data pustaka. Produk yang dihasilkan berupa buku cerita panggung Kancil Memperdayai Kera. Memberikan informasi tentang perilaku Si Kancil si hewan pandai dan segala aksinya dalam mengatasi permasalahan. Buku cerita panggung yang di hasilkan ini diharapkan mampu menanamkan pesan moral yang baik kepada anak-anak. produk berupa buku cerita panggung dengan format full colour berukuran kurang lebih A3 yang memiliki 48 halaman yang di cetak di atas kertas art paper 150 gram untuk halaman biasa dan jilid dengan teknik hardcover. Buku cerita panggung ini didesain dengan ilustrasi bergaya kartun. Untuk mendukung buku cerita panggung ini dibuat media promosi berupa poster X banner brosur dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item