Faiz, Ahmad Bassam (2013) Perancangan identitas visual Kota Bangil sebagai media promosi potensi wisata / Ahmad Bassam Faiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Faiz Ahmad Bassam. 2013. Perancangan Identitas Visual Kota Bangil Sebagai Media Promosi Potensi Wisata . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranti Sayekti S.Sn M.Si (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn Kata kunci Perancangan Identitas Visual Kota Bangil 12288 12288 12288 12288 Kota Bangil merupakan kota kecil di wilayah Kabupaten Pasuruan yang dicanangkan menjadi ibukota Kabupaten serta memiliki identitas yang belum konsisten khususnya identitas dari segi visual dan potensi wisata yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan. Berdasarkan hal tersebut maka perancangan ini bertujuan untuk melakukan perancangan identitas visual Kota Bangil sebagai brand image Kota Bangil dan mengaplikasikannya melalui media promosi yang sesuai dan efektif kepada masyarakat Bangil sendiri maupun dari luar kota. 12288 12288 12288 12288 Model perancangan yang dipakai merupakan model perancangan deskriptif kualitatif yang menggariskan langkah-langkah dalam menghasilkan sebuah produk dengan menggunakan paduan sistematika perancangan yang dimiliki oleh Surianto Rustan Alina Wheeler dan Sadjiman Ebdi Sanyoto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi data wawancara studi dokumentasi sebagai metode penelitian untuk mendapatkan data entitas terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Unique Selling Point (USP). Hasil dari perancangan ini berupa sebuah sistem identas visual baru dan media aplikasi identitas visual tersebut dalam buku pedoman sistem identitas visual (Visual Identity Guidelines) bumper video stationary set media promosi signage merchandise dan kendaraan. Identitas visual terdiri dari logo tagline warna khas tipografi dan elemen gambar. Logo baru tersebut terdiri dari gabungan picturemark dan letter mark picturemark berupa deformasi dari bentuk kelopak bunga sedap malam serta letter mark yang bertuliskan nama dari kota yaitu Bangil dan tagline sebagai pesan pokok yang ingin disampaikan. Aplikasi pada media dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan logo dan unsur identitas visual lain yang baru tersebut kepada masyarakat. Visualisasi media dibuat dengan berdasarkan pada karakter identitas visual supaya dapat terwujud identitas kota yang tampak memiliki kesatuan dan dapat memperkuat brand image entitas sebagai sebagai kota yang memiliki unsur kreatif dengan dibalut suasana spiritual atau religius kepada masyarakat umum selaku target audience.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
View Item |