Redesain corporate identity kampung wisata Kungkuk dan aplikasinya / Childa Sofia - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain corporate identity kampung wisata Kungkuk dan aplikasinya / Childa Sofia

Sofia, Childa (2013) Redesain corporate identity kampung wisata Kungkuk dan aplikasinya / Childa Sofia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Redesain Corporate Identity Desa Wisata Kampung Wisata Kungkuk. Kampung Wisata Kungkuk adalah desa wisata yang menjadi pusat dan percontohan desa wisata di Kota Batu. Bentuk usahanya adalah Ekonomi Kreatif Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan menawarkan berbagai paket wisata yang berkonsep alami dan tradisional. Dilihat dari potensinya belum cukup untuk berkompetisi di era yang serba kompetitif ini. Salah satu cara untuk bersaing dan dapat bertahan di dalam pasar yang terus berkembang ini adalah dengan menciptakan suatu citra positif. Hal ini menjadi penting karena tanpa adanya citra yang positif suatu perusahaan tak akan mampu beroperasi atau berjalan sehingga tidak ada feedback bagi perkembangan perusahaan ini. Untuk dapat mempertahankan citra positif tersebut perusahaan memerlukan sebuah corporate identity yang konsisten dan merupakan cerminan image dari perusahaan. Model yang digunakan adalah model perancangan Surianto Rustan untuk corporate identity dan Sadjiman Ebdi Sanyoto untuk media promosi yang telah disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data secara keseluruhan dapat dilihat bahwa Kampung Wisata Kungkuk adalah perusahaan yang berkembang dan berpotensi namun logo kurang mencerminkan/mempresentasikan identitas sebagai tempat wisata dan aplikasi logo pada berbagai media kurang kuat dan kurang konsisten. Oleh sebab itu perusahaan memerlukan adanya identitas visual yang kuat konsisten sesuai dengan karakter dan identitas perusahaan sehingga dapat menanamkan image positif di masyarakat yang sekaligus dapat menjadi media promosi aktif dan efektif. Perancangan ini menghasilkan logo baru gabungan antara jeruk dan view perbukitan yang merupakan bagian dasar dari corporate identity yang mencerminkan karakter dan identitas visual Kampung Wisata Kungkuk aplikasi logo pada atribut perusahaan dan media promosi. Perancangan ini menggunakan gaya desain modern dengan didominasi warna oranye dan hijau yang dipadukan dengan teknik ilustrasi dan fotografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item