Analisa simbol singa pada logo Arema Indonesia dengan pendekatan semiotika / Richardus Arswarama

Arswarama, Richardus (2013) Analisa simbol singa pada logo Arema Indonesia dengan pendekatan semiotika / Richardus Arswarama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arswarama, Richardus. 2013. Analisa Simbol Singa pada Logo Arema Indonesia dengan Pendekatan Semiotika. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto M. Hum, (II) Rudi Irawanto, S. Pd M. Sn. Kata kunci: logo, semiotika, ikon, indeks, simbol     Arema Indonesia adalah klub sepakbola asal kota Malang, Jawa Timur. Klub ini didirikan pada 11 Agustus 1987 dan sejak itu menjadi ciri khas warga Malang Raya dengan kelompok suporternya, Aremania. Arema Indonesia memiliki logo klub berbentuk kepala singa jantan, yang sebelumnya tidak pernah diketahui maknanya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai logo Arema tersebut.     Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui sejarah dan makna dari logo Arema yaitu kepala singa, juga pengaruh budaya, khususnya budaya Jawa Timur terhadap logo dan julukan klub ÔÇ£Singo EdanÔÇØ.     Semiotika adalah ilmu yang mempelajari makna suatu tanda. Pada penelitian ini, digunakan analisa semiotik Charles Sanders Peirce, yaitu teori segitiga makna dengan penggolongan tanda menjadi tipe ikon, indeks, dan simbol. Ikon adalah tanda dengan kemiripan dengan objeknya. Indeks adalah tanda dengan hubungan kausal. Sedangkan simbol adalah tanda yang dimaknasi melalui peraturan atau konvensi.     Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian terdiri dari data verbal berupa data dokumen dan online, serta data visual berupa logo klub. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan penelitian terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan.     Logo Arema terdiri dari 2 unsur, visual dan verbal. Unsur visual terdiri dari bentuk dan warna, sedangkan unsur verbalnya adalah teks. Dari kedua unsur tersebut dapat diklasifikasikan masing-masing tanda tipe ikon, indeks, dan simbol.     Berdasarkan analisa data tersebut, dapat diperoleh simpulan dari penelitian. Pertama, logo kepala singa terinspirasi dari zodiak Leo sesuai tanggal berdirinya Arema di bulan Agustus. Kedua, unsur warna pada logo memiliki makna tersendiri. Ketiga, nama ÔÇ£AremaÔÇØ adalah nama kelompok anak muda asal Malang pada era 1980-an. Keempat, font dari teks ÔÇ£Arema IndonesiaÔÇØ memiliki makna yang berbeda.     Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini adalah agar analisa semiotika lebih dikembangkan dalam penelitian-penelitian ke depan karena ilmu ini sangat dekat kaitannya dengan desain komunikasi visual. Selain itu, untuk Arema supaya lebih detail melakukan arsip mengenai sejarah dan logo Arema sebagai salah satu bentuk company profile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item