Analisis semiotika visual desain katakter videogame ragnarok online / Adam Subiantoro Muhsinin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis semiotika visual desain katakter videogame ragnarok online / Adam Subiantoro Muhsinin

Muhsinin, Adam Subiantoro (2013) Analisis semiotika visual desain katakter videogame ragnarok online / Adam Subiantoro Muhsinin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penelitian Analisis Semiotika Visual Videogame Online Karakter Ragnarok Seni dan Desain. Ragnarok Online merupakan videogame online yang berasal dari Korea. Videogame online ini paling digemari oleh pemain-pemain game di Indonesia pada tahun 2003 sampai sekitar tahun 2005. Ragnarok menjadi populer di kalangan pemain-pemain game Indonesia adalah dari gaya ilustrasinya yang berupa ilustrasi Anime atau kartun gaya Jepang yang memang sangat digemari oleh anak-anak muda di Indonesia. Dalam videogame tersebut terdapat sistem klasifikasi karakter yang yang cukup kompleks namun tetap menarik masing-masing karakter memiliki kelebihan dan kelemahan di bidangnya masing-masing serta kostum-kostumnya pun unik. Kostum yang unik itu juga dapat mewakili sifat-sifat masing-masing karakter karena secara kostum-kostum karakter tersebut sudah didesain secara semiotika seperti itu. Teori yang dipakai untuk menganalisis desain-desain klasifikasi karakter tersebut adalah teori semiotika visual Roland Barthes. Teorinya yang dipilih adalah teori lima kode pembacaan makna di balik tanda yang terdiri dari kode hermeneutik kode proairetik kode simbolik kode semik dan kode kebudayaan. Karakter-karakter tersebut dipisah-pisah berdasarkan leksianya yang berupa potongan-potongan visualisasi kostum masing-masing karakter kemudian dianalisis berdasarkan lima kode pembacaan makna di balik tanda tersebut. Pada bagian pembahasan karakter yang sudah dianalisis berdasarkan lima kode pembacaan makna di balik tanda tersebut di kelompokkan berdasarkan kelebihan utamanya yaitu kekuatan kelincahan dan kecerdasan kemudian dihubungkan antara kelebihannya tersebut dengan kostum yang dipakainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item