Perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan dan penaggulangan diare pada balita sebagai media penyuluhan bagi ibu / Nuril Isnainia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan dan penaggulangan diare pada balita sebagai media penyuluhan bagi ibu / Nuril Isnainia

Isnainia, Nuril (2013) Perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan dan penaggulangan diare pada balita sebagai media penyuluhan bagi ibu / Nuril Isnainia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Isnainia Nuril. 2013. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan dan Penanggulangan Diare pada Balita sebagai Media Penyuluhan bagi Ibu . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn 12288 12288 12288 Kata Kunci Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Diare balita pola asuh 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Saat ini penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan dunia terutama di negara berkembang. Besarnya masalah tersebut terlihat dari tingginya angka kesakitan dan kematian akibat diare. Balita merupakan kelompok risiko tinggi terserang berbagai penyakit infeksi karena daya tahan tubuh mereka belum kuat dan aktif bekerja. Menurut data WHO sekitar 1 5 juta anak meninggal akibat diare dan ada sekitar 2 milliar kasus setiap tahunnya. Pengetahuan Ibu tentang diare pada balita menunjukkan bahwa masih minimnya pengetahuan ibu akan bahaya dari penyakit diare pada balita. Dari pemaparan permasalahan tersebut maka solusi pemecahan masalah kebutuhan media melalui karya Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan dan Penanggulangan Diare pada Balita sebagai Media Penyuluhan bagi Ibu agar pesan pada sosilaisasi mengenai pencegahan dan penanggulangan diare pada balita dapat tersampaikan dengan baik dan benar pada target audience yaitu Ibu. 12288 12288 12288 Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam perancangan ini berupa data primer yang didapat dalam wawancara dan data sekunder yang didapat dalam literatur buku brosur dan leaflet yang berhubungan dengan perancangan. Kegiatan perancangan ini diawali dengan identifikasi masalah analisis target audience penentuan tujuan khusus iklan tema iklan anggaran iklan perencanaan media penentuan waktu dan frekuensi periklanan menciptakan pesan iklan dan mengevaluasi ILM. 12288 12288 12288 Perancangan iklan layanan masyarakat ini terbagi menjadi dua tujuan yaitu (1) tujuan persuasif yaitu poster x-banner dan media digital spot video (2) tujuan informatif yaitu infografis buku penyuluhan media presentasi dan brosur. Pesan yang disampaikan adalah sosialisasi mengenai masalah kesadaran ibu akan pentingnya kebesihan dan kesehatan pada balita dengan cara penjabaran secara ringkas dan padat serta visual yang menarik dengan bahasa yang sesuai dengan target audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item