Survei dan pemetaan pendidikan tinggi desain komunikasi visual untuk jenjang strata 1 dengan akreditasi "A" ditinjau dari perpektif kurikulumnya di Indonesia saat imi / Imam Nur Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei dan pemetaan pendidikan tinggi desain komunikasi visual untuk jenjang strata 1 dengan akreditasi "A" ditinjau dari perpektif kurikulumnya di Indonesia saat imi / Imam Nur Hakim

Hakim, Imam Nur (2013) Survei dan pemetaan pendidikan tinggi desain komunikasi visual untuk jenjang strata 1 dengan akreditasi "A" ditinjau dari perpektif kurikulumnya di Indonesia saat imi / Imam Nur Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci survei pemetaan kurikulum DesainKomunikasi Visual PendidikanDesainKomunikasi Visual di Indonesia berkembangsemakin optimal seiringadanyajaminanfungsiedukasionaldankulturalolehpenyelenggarapendidikantinggi. BAN-PTsebagaipihakberkepentinganyang menerapkansistempenilaianmutu menjaditolakukurposisipendidikantinggi yang dihadirkandalamsatuannilaiakreditasi. Sebagaisalahsatudaripoinpenilaianakreditasi perankurikulumsebagaiacuandalampembelajaran memegangfungsipentingsebagaipedomanpadasetiappendidikantinggi. DidukungdenganKepmendiknasnomor 232/U/2000 dan 045/U/2002 yang menyatakanbahwapenyelenggarapendidikantinggiberhakmenentukansendirikurikulum yang di gunakanolehpesertadidiknya. Secaralangsunghakotonomiinitelahmemunculkanpembedaantarasatupenyelenggarapendidikantinggidenganlainnya yang dalamhasilpenelitiankuantitatifdeskriptifini perbedaandisajikandalambentukgambaranpetakondisipendidikantinggiDesainKomunikasi Visual untukjenjang strata 1 denganakreditasi A dariperspektifkurikulumnyadi Indonesia saatinimelaluitekniksurvei. DalamPenelitianini sub variabel yang diambiladalahfilosofipendidikantinggidanstrukturkurikulumnya. Indikatorpenelitianberupavisi misi strukturmatakuliah kajiandantujuanmaterimatakuliah bobot peletakan jenisdan status matakuliah denganpenggunaanteknikpengumpulan data analisisdokumensertawawancaratidakterstrukturdalammenjaring data di lapangan. Hasilpenelitianinidilihatdarifilosofivisi misi dansebaranmatakuliah yang jabarkandarijumlah bobot SKS jenis peletakansertadeskripsimatakuliah menunjukkansatudiantaralainnyamemilikiperbedaanbaikdalamhaljumlahmaupunperumusannya. PenelitianinidiharapkandapatmenjadilandasanawaldalamcakupanpetapendidikantinggiDesainKomunikasi Visual di Indonesia sehinggakeberadaankurikulumsebagaipanduandalamkegiatanbelajarmengajarakanberjalan optimal bukanhanyaberdiridarisudutpandangdokumensaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item