Perancangan buku cerita bergambar berjudul bermain dan belajar matematika bersama algo dan ritma untuk anak-anak dan taman kanak-kanak /Muhammad Isa Habibi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar berjudul bermain dan belajar matematika bersama algo dan ritma untuk anak-anak dan taman kanak-kanak /Muhammad Isa Habibi

Habibi, Muhammad Isa (2013) Perancangan buku cerita bergambar berjudul bermain dan belajar matematika bersama algo dan ritma untuk anak-anak dan taman kanak-kanak /Muhammad Isa Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

2012. PHabibi Muhammad Isaerancangan Buku Cerita Bergambar Berjudul Bermain dan Belajar Matematika Bersama Algo dan Ritma Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarwahyudi M.Sn. (2) Fenny Rochbeind S.Pd. M.Sn. Kata kunci Buku Cerita Bergambar Matematika Anak-Anak TK 12288 12288 12288 12288 Anak-anak perlu belajar mengetahui nama bilangan sebab membilang merupakan dasar bagi semua pekerjaan yang berkaitan dengan bilangan. Mengingat betapa pentingnya mengenal bilangan dalam kehidupan manusia maka pembelajaran mengenal bilangan perlu diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Namun masih banyak anak-anak TK yang merasa kesulitan untuk belajar berhitung. Hal itu dikarenakan pengajaran dari guru yang monoton dan juga kurangnya media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk lebih tertarik kepada kegiatan berhitung. Oleh karena itu perlu adanya media yang menarik berguna untuk membangun suasana senang serta dapat membantu anak memahami materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru. 12288 12288 12288 12288 12288 Setelah menimbang dari segi manfaat dan juga keefektivan media-media yang sudah ada maka perlu dipilih media buku cerita bergambar seperti yang penulis rancang sebagai media pembelajaran yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas. Buku cerita ini berisikan cerita sehari-hari dua kakak beradik kembar yang bernama Algo dan Ritma dan di dalam buku tersebut disisipkan pengenalan angka penjumlahan dan pengurangan serta disajikan secara menarik dengan ilustrasi yang disenangi oleh anak-anak TK. Tujuan perancangan ini adalah merancang media pendidikan yang efektif dan efisien yaitu sebuah media yang dapat mengajarkan konsep dasar matematika dan membuat anak-anak TK menjadi tertarik untuk mempelajari matematika. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data adalah melalui Observasi dan interview. Teknik analisis yang telah dilakukan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Kesimpulan dari analisis data yang telah dilakukan adalah pembuatan buku cerita bergambar yang berceritakan tentang kehidupan sehari-hari kedua kakak beradik kembar yang di dalamnya disisipkan pengenalan angka penjumlahan dan pengurangan. Saran yang diajukan Mengingat pentingnya pembelajaran berhitung untuk anak-anak TK sebaiknya pemerhati pendidikan anak-anak khususnya untuk guru-guru TK dan juga orang tua yang sedang memiliki anak-anak yang berusia 4-6 tahun agar menggunakan media-media pendukung seperti yang penulis rancang yaitu buku cerita bergambar berjudul Bermain dan Belajar Matematika Bersama Algo dan Ritma agar anak mudah dan tertarik dalam mengenal dan mulai belajar untuk berhitung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item