Perancangan buku cerita bergambar Si Pitung dan Siasat telur dari timur / Edo Septiyan Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar Si Pitung dan Siasat telur dari timur / Edo Septiyan Putra

Putra, Edo Septiyan (2013) Perancangan buku cerita bergambar Si Pitung dan Siasat telur dari timur / Edo Septiyan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak-anak Si Pitung Vector. Generasi muda bangsa Indonesia telah dididik untuk lebih memilih dan menyukai hal-hal yang berbau luar negeri mulai dari game buku bacaan dan bisa juga dilihat dari contoh tayangan televisi yang diputar setiap minggu. Hal ini menimbulkan anak-anak generasi sekarang lebih mengidolakan tokoh-tokoh superhero dari luar negeri atau karakter-karakter komik manga ketimbang tokoh-tokoh pahlawan asli Indonesia. Dari paparan masalah di atas maka perancangan buku cerita bergambar Si Pitung dan Siasat Telur dari Timur dengan konsep style vector penting dan dibutuhkan bagi audience anak-anak untuk menanamkan sifat kepandaian rela menolong serta berisi pesan moral untuk berani mengambil keputusan dan berani membela kebenaran. Tujuan perancangan ini adalah agar mampu menarik minat baca anak-anak Indonesia mampu menarik minat anak-anak dengan karakter Si Pitung dan pesan-pesan moral yang baik yang terkandung di dalam ceritanya sehingga anak-anak tertarik untuk mengidolakan karakter pahlawan asli Indonesia Model perancangan ini diawali dari penulisan latar belakang pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data terdiri dari observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil data yang dikumpulkan maka diperoleh data-data bahwa untuk mengenalkan Si Pitung pada pembaca muda maka menghadirkan sosok masa kecil si Pitung agar bisa lebih bersahabat dengan sifat pembaca yang masih belia. Menyisipkan pesan moral yang baik dengan menghadirkan Si Pitung kecil bagi anak-anak mulai usia 5-10 adalah strategi yang baik karena anak-anak cenderung merasa nyaman berbaur dengan orang-orang seusia mereka. Masa usia 5-10 tahun adalah dimana anak sedang tumbuh dan berkembang dan aktif sehingga pada masa-masa ini dirasa sangatlah cocok untuk mengenalkan sejarah bagi mereka. Buku bergambar yang dihasilkan akan memberikan informasi tentang perilaku Si Pitung si anak pandai dan segala aksinya dalam mengatasi permasalahan. Buku Bergambar Si Pitung yang dihasilkan ini diharapkan mampu menanamkan pesan moral yang baik kepada anak-anak serta menumbuhkan rasa bangga dengan pahlawan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item