Pengembangan game animasi berbasis flash androide "Jarimatika" untuk anak-anak sekolah dasar / Dinny Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game animasi berbasis flash androide "Jarimatika" untuk anak-anak sekolah dasar / Dinny Purwaningsih

Purwaningsih, Dinny (2013) Pengembangan game animasi berbasis flash androide "Jarimatika" untuk anak-anak sekolah dasar / Dinny Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwaningsih Dinny. 2012. Pengembangan Game Animasi Berbasis Flash Android Jarimatika Untuk Anak Anak Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Seni Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Andy Pramono S.Kom M.T Kata Kunci Game Jarimatika Jarimatika adalah cara berhitung (operasi Kali-Bagi-Tambah-Kurang) dengan menggunakan jari-jari tangan. Mengapa disebut dengan Jarimatika karena kita akan memanfaatkan jari-jari tangan untuk alat bantu menyelesaikan Aritmatika (dalam hal ini proses berhitung). Kali Bagi Tambah Kurang atau dapat disingkat dengan KaBaTaku . Dengan kata lain Jarimatika adalah jari tangan dan aritmatika yaitu teknik belajar berhitung menggunakan jari. (Permanasari Indira. 2008. Jarimatika).(http //Jarimatika.com). Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menciptakan belajar matematika yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak. Karena anak-anak cenderung mudah bosan dalam hal hitung menghitung. Menerapkan cara berhitung dengan menggunakan Jarimatika yang baik dan benar. Pada prinsipnya belajar berhitung dengan menggunakan Jarimatika mempunyai trik-trik yang lebih memudahkan kita dalam menghitung satuan hingga jutaan. Jika dalam menerapkan rumus dan cara penggunaannya baik dan benar maka berhitung dengan Jarimatika terasa lebih ringan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 5D. Menurut (Pranata 2011) model ini dapat diartikan sebagai model atau kerangka yang dapat dilihat dari gambaran tentang prosedur kerja yang terdiri atas hubungan antar komponen untuk menghasilkan suatu produk. Keunggulan dari pengembangan Game Jarimatika ini bisa dijalankan di dua media yaitu PC (Personal Computer) dan Smartphone berbasis atau memiliki OS (operating system) Android Gingerbread. Hasil uji coba penelitian Game Jarimatika dinyatakan valid dengan perhitungan ahli media 86 67% ahli materi 81 67% uji coba lapangan 95 6% uji coba kelompok kecil 96% dan hasil belajar siswa 84 16% Berdasarkan hasil penelitian ini saran pengembang adalah (1) Bagi siswa kelas III hendaknya siswa juga mempelajari dengan baik rumus tentang penggunaan jarmatika agar dapat mengerjakan soal dengan baik. (2) Bagi guru mata pelajaran matematika hendaknya digunakan sebagai media untuk membantu anak anak dalam belajar perkalian. (3) Bagi SD Taman Siswa Turen hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengadaan sumber belajar di sekolah agar dapat meningkatkan kenyamanan belajar siswa dan memberikaan variasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item