Perancangan film animasi "Budi" untuk menanamkan budio pekerti kepada anak-anak / Moh. Ali Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi "Budi" untuk menanamkan budio pekerti kepada anak-anak / Moh. Ali Anwar

Anwar, Moh. Ali (2013) Perancangan film animasi "Budi" untuk menanamkan budio pekerti kepada anak-anak / Moh. Ali Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perancangan film animasi budi pekerti masa kanak-kanak. Film animasi digunakan sebagai tempat terjadinya proses pembentukan identitas diri anak maksudnya adalah dalam kesehariannya anak-anak dimungkinkan akan meniru prilaku seperti tokoh kartun tersebut. Masa anak-anak merupakan titik awal perkembangan dan pertumbuhan manusia yang sangat penting. Pada masa kanak-kanak yaitu pada anak usia 6 sampai 9 tahun mereka dapat melakukan berbagai tugas yang kongkrit sehingga mudah terpengaruh terhadap adanya media-media yang dapat berdampak negatif . Maka diperlukan suatu inovasi baru yang dapat menjadikan media hiburan juga sebagai media penyampaian pesan-pesan untuk menanamkan budi pekerti yaitu dengan membuat film animasi 3 dimensi. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif. Model yang digunakan dalam perancangan ini adalah Model perancangan M. Yoshioka. Selanjutnya dari model tersebut dapat ditentukan sistematika perancangan film animasi dengan penyesuaian menurut Issac Kerlow dengan alur praproduksi produksi dan pascaproduksi. Teknik analisis yang digunakan adalah USP (Unique Selling Preposition) dengan menganalisa isi produk yang kemudian ditarik kesimpulan. Produk yang dihasilkan dalam perancangan ini adalah film animasi 3 dimensi yang berisi pesan-pesan moral yang positif dengan target audience anak pada usia kanak-kanak. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam perancangan ini adalah film animasi 3 dimensi yang mengajarkan nilai-nilai positif masih jarang ditemukan dipasaran sehingga film ini menjadi pilihan alternatif yang baru bagi masyarakat. Dengan ilustrasi kartun animasi 3 dimensi serta model karakter yang realis dan cerita yang khas Indonesia akan menarik minat masyarakat dan diharapkan mempermudah anak-anak dalam memahami pesan-pesan positif yang disampaikan lewat isi cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item