Pengembangan game memori berbasis warna untuk meningkatkan daya ingat / Randy Sahrizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game memori berbasis warna untuk meningkatkan daya ingat / Randy Sahrizal

Sahrizal, Randy (2013) Pengembangan game memori berbasis warna untuk meningkatkan daya ingat / Randy Sahrizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan gamememori dayaingat Salah satu hal yang mempengaruhi perkembangan seseorang adalah perkembangan kognitif yaitu perkembangan kemampuan seseorang untuk mengeksplorasi lingkungan karena bertambah besarnya koordinasi dan pengendali motorik yang salahsatunyameliputi perkembangan memori (daya ingat).Perkembangan memori mampu mengingat atau menyimpan informasi selama 15-30 detik tanpa pengulangan.Untuk meningkatkan dayaingattersebut perlu diupayakan berbagai kegiatan salah satu diantaranya ialah melalui pembuatan media gamememori. Pengembangangamememoriini bertujuanuntukmenghasilkansebuah media gameyang efektifdaninformatifguna upaya meningkatkandayaingat. Dalampengembangangamememoriinimenggunakanmetodepengembangan 5D yaitudefine data design development dandisseminate.Definemerupakantahap yang menetapkansertamenganalisakebutuhan yang membantuuntukpengembangan media game. Dataadalahpengumpulan data yang diperlukanuntukpengembangansesuaidengantujuan media yang telahdirumuskan. Dari berbagai data yang telahdianalisispadalangkahsebelumnyamaka data-data tersebutdisintesisuntukmenghasilkankonsepprodukpengembangan yang akandihasilkanyang masukdalamtahapdesign. Langkah yang keempatmerupakanlangkahuntukmengujikelayakandariproduk yang dikembangkanyaitulangkahdevelopment.Langkahkelimayaitudisseminate yaitutahapdimanasebuah media sudahsiapakandipamerkandandipasarkan. Dari hasilvalidasidanujicobainitelahmemperolehhasil data yang menunjukanbahwa media gamememoriinitelah valid denganhasiluntuk2 orang validasiahli mediayaituDimas RifkiNovica S.Sn M.Ds danImaKusumawatiHidayat S.Sn M.Dsyang memperolehpersentase80% yang masukdalamkategori valid validasiahlimateriyaituLina S.PsidanFaridHanafi S.Psiyang memperolehpersentase92% yang masukdalamkategori valid danujicobadenganmelibatkan 15 orang diantaranyaadalah 5 anak-anak 5 remajadan 5 dewasa yang dipilihsecaraacakdenganmemperolehpersentase77% yang masukdalamkategoricukup valid. Pengembangangamememoriini memanfaatkan datawebsite dan buku-bukuataukaryailmiah. Pengembangan yang berorientasi terhadap produk ini menggunakan berbagai software grafis animasi yaitu Adobe Flash CS 3 Adobe Photoshop CS 3 Corel Draw X 4.Pengembanganinimenghasilkan 2media yaitu(a)game memori (b) kemasan CD game memori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item