Pengembangan game 2 dimensi "The Bugs Hunter" menggunakan flashdevelop berbasis open source flixel library untuk personal komputer dan android / Anisa Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game 2 dimensi "The Bugs Hunter" menggunakan flashdevelop berbasis open source flixel library untuk personal komputer dan android / Anisa Aprilia

Aprilia, Anisa (2013) Pengembangan game 2 dimensi "The Bugs Hunter" menggunakan flashdevelop berbasis open source flixel library untuk personal komputer dan android / Anisa Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprilia Anisa. 2012. Pengembangan Game 2 Dimensi The Bugs Hunter Menggunakan Flashdevelop Berbasis Open Source Flixel Library Untuk Personal Komputer dan Android. Skripsi. Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pemimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T. Kata kunci Game Lingkungan Flashdevelop Flixel Library Open Source Malang memiliki predikat kota bunga. Kepedulian masyarakat pada lingkungan dibutuhkan untuk agar lingkungan nyaman. Oleh karena itu diperlukan media untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Media tersebut berupa game bertema lingkungan. Game dapat dirancang dari berbagai software. Software yang sesuai yang memiliki fasilitas yang dibutuhkan dan gratis. Salah satunya dengan menggunakan Flashdevelop keunggulan yang utama adalah gratis dengan fasilitas yang lengkap dan dapat dipadukan dengan Flixel source code library. Metode Pengembangan ini menggunakan model 5D define data desain develop dan disseminate. Tahap define disimpulkan dibutuhkan media agar pengguna dapat meningkatkan kepedulian lingkungan. Game engine yang sesuai adalah menggunakan Flashdevelop open source yang dipadukan dengan Flixel source code library. Tahap Data digunakan sebagai dasar penyusunan konsep dan desain game dan teknik programming. Tahap desain menyusun game secara konsep dan teknis. Tahap Develop menvalidasi game pada ahli materi ahli media dan ahli informatika yang selanjutnya diuji coba oleh pengguna. Tahap disseminate adalah proses produk game disebarluaskan pada audiens melalui pameran dan proses unggah ke internet. Validasi dan uji coba terhadap produk mendapatkan nilai 95% dari ahli informatika 81% dari ahli materi 86% dari ahli media dan 90% dari hasil uji coba. Selain itu dari validasi dan ujicoba disimpulkan dibutuhkan beberapa revisi. Revisi ahli media meliputi perubahan tampilan user interface menu utama penyesuaian musik pada level 1 target nilai yang berbeda merapikan outline background pada level 3. Ahli materi revisi meliputi perbaikan ejaan dan kesalahan penulisan penambahan properti pada setting area game. Dari ahli informatika agar meningkatkan kemampuan programming basis GUI. Sedangkan dari hasil uji coba pada audiens didapatkan revisi jarak tiles map pada beberapa level sulit dijangkau. Karya skripsi menghasilkan produk berupa game 2 dimensi untuk personal komputer dan Android. Game dirancang melalui game engine Flashdevelop yang dikombinasikan dengan Flixel source library bertema adventure side scrolling dengan eksistensi SWF dapat dijalankan melalui Flash Player 10.1 dan eksistensi APK untuk Android dapat dijalankan pada perangkat telepon selular dengan operating system Android Ginger Bread versi 2.3 dengan Flashplayer 10.1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item