Perancangan pop-up book "Ayo Mengenal Pancasila" untuk anak sekolah dasar / Indah Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan pop-up book "Ayo Mengenal Pancasila" untuk anak sekolah dasar / Indah Yuniarti

Yuniarti, Indah (2013) Perancangan pop-up book "Ayo Mengenal Pancasila" untuk anak sekolah dasar / Indah Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perancangan pop-up book Pancasila anak sekolah dasar Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila diajarkan sejak jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Pancasila yang merupakan mata pelajaran teori kurang menarik bagi siswa kelas 1-3 SD sehingga dibutuhkan media yang mampu memberikan pengetahuan tentang Pancasila secara praktis dan menarik salah satunya melalui pop-up book. Model perancangan yang digunakan adalah model prosedural yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan akan perancangan ini yaitu diawali dengan mengumpulkan data-data melalui observasi dan wawancara pada target audience dan target market menganalisa data-data yang sudah terkumpul serta solusi pemecahan masalahnya. Tahap selanjutnya membuat konsep perancangan yang terdiri atas pop-up book Ayo Mengenal Pancasila untuk anak Sekolah Dasar dan media promosi berupa pameran launching produk yang diselenggarakan di toko-toko buku dan Sekolah Dasar di kota Malang kemudian mulai pada tahap proses perancangan dan yang terakhir menghasilkan desain final yang mampu menjawab permasalahan. Perancangan ini bertujuan menghasilkan pop-up book Ayo Mengenal Pancasila untuk anak Sekolah Dasar yang kontennya berdasarkan adaptasi dari contoh kegiatan-kegiatan siswa pada buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1-3 serta media pendukung dan promosi berupa puzzle Pancasila sebagai bonus leaflet poster sticker maskot kemasan dan x-banner. Pop-up book ini berisi 6 orang tokoh karakter anak Sekolah Dasar dari beberapa daerah di Indonesia yang mewakili 6 agama di Indonesia. Pop-up book ini menggunakan gaya ilustrasi vector dengan warna-warna cerah sesuai karakter anak-anak. Teknik pop-up yang digunakan adalah teknik Scenery Flat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item