Santoso, Hari (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN CBSA UNTUK MENINGKATKAN PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Universitas Negeri Malang.
Text
Strategi pembelajaran cbsa untuk meningkatkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar.pdf Download (462kB) |
Abstract
Abstraks. Keberadaan perpustakaan sekolah sangat diperlukan oleh sebab perpustakaan sekolah : (1) merupakan sumber belajar, (2) salah satu komponen sistem instruksional, (3) sumber utama yang menunjang kualitas pendidikan dan pengajaran, (4) sebagai laboratotium belajar di mana siswa dapat belajar bagaimana belajar, yaitu dapat mempertajam dan mempeluas kemampuan untuk membaca, menulis, berpikir dan berkomunikasi. Untuk menunjang tujuan tersebut, perlu dikembangkan : (1) kualitas proses belajar mengajar dengan pendekatan CBSA, (2) keterlibatan siswa secara aktif dalam melakukan eksplorasi terhadap perpustakaan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, (3) kadar keterlibatkan siswa dalam memanfaatkan bahan pustaka yang disediakan . Indikator CBSA dapat dilihat dari lima segi, yaitu : (1) siswa, (2) guru, (3) program, (4) situasi belajar, (5) sarana belajar Sarana belajar yang dibutuhkan dalam CBSA meliputi : (a) bahan-bahan dan sumber yang dapat diambil untuk belajar, (b) waktu belajar yang luas, sehingga pelaksanaan belajar mengajar tidak tumpang tindih dengan kegiatan sejenis atau kegiatan lain, (c) tersedianya bermacam-macam media belajar, terutama perpustakaan dan alat peraga yang secara langsung berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari siswa, (d) aktivitas belajar siswa tidak dibatasi hanya di dalam kelas, tetapi juga boleh di luar kelas, di alam terbuka atau di tempat strategis dan memungkinkan siswa untuk belajar tenang. Peningkatan peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terutama dalam menunjang proses pembelajaran CBSA, dapat dilakukan melalui beberapa upaya, yaitu : (1) mengintegrasikan aktivitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam kurikulum. (2) menjadikan perpustakaan sekolah sebagai perpustakaan model (Ideal) melalui :(a) penataan kondisi fisik (athmospheric) perpustakaan sekolah. (b) pengembangan koleksi yang sesuai tuntutan kurikulum dan pemakai.., (c) pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan (d) penyediaan tenaga pengelola sesuai kualifikasi yang dipersyaratkan Kata kunci : CBSA, perpustakaan , sumber belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Artikel Pustakawan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:37 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:37 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |