Pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang semester II tahun pelajharan 2015/2016 / Rangga Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang semester II tahun pelajharan 2015/2016 / Rangga Saputra

Saputra, Rangga (2017) Pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang semester II tahun pelajharan 2015/2016 / Rangga Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Rangga.2016. Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Cemoro Kandang 2 Kota Malang. Jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. (II) Drs. A. Badawi. M.Pd. Kata kunci Membaca Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Kebiasaan membaca perlu diperkuat dengan cara membiasakan siswa hal ini memiliki arti penting dalam pembelajaran yang salah satunya ditujukan pada peningkatan hasil belajar siswa.untuk mencapai kebiasaan membaca yang efisien membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga perlu dilakukan secara continue disiplin dan berkesinambungan. Dengan demikian kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini oleh siswa agar tumbuh kebiasaan membaca yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebiasaan menbaca siswa dan mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Cemorokandang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Populasi penelitian siswa kelas IV SD Cemorokandang Kota Malang yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian berjumlah 26 orang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar angket dokumentasi dan wawancara. Lembaran angket terdiri dari 38 item soal yang digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca siswa dokumentasi digunakan untuk melihat hasil belajar bahasa Indonesia siswa dan wawancara digunakan sebagai data pendukung dari angket kebiasaan membaca dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung 0 798 yang berada pada taraf signifikan 5% sebesar 0 388. Dengan demikian diketahui bahwa rhitung lebih besar daripada r tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Cemorokandang Kota Malang. Dengan demikian hipotesis yang diteliti terbukti dan diterima. Jika dipresentasekan kebiasaan membaca memiliki hubungan sebesar 63 68% dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV SD Cemorokandang Kota Malang. Sedangkan selebihnya 36 32% ditentukan oleh faktor lain seperti tingkat pemahaman (kecerdasan) siswa terhadap materi pelajaran suasana belajar yang kondusif sumber dan media pembelajaran yang memadai dukungan dan motivasi dari orang tua dan guru. Saran bagi siswa hendaknya dapat mengatur jadwal membaca secara teratur dan disiplin untuk meningkatkan kemampuan membaca. Selain itu diharapkan memanfaatkan waktu luang disekolah untuk mengunjungi perpustakaan. Bagi guru hendaknya dapat menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar sehingga dapat memotivasi untuk datang keperpustakan sehingga dapat menumbuhkan kebiasaan membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/141608

Actions (login required)

View Item View Item