Widodo, Heru (2012) Perancangan buku county profile "The Hidden Beaches" sebagai media pengenalan wisata pantai Kabupaten Banyuwangi / Heru Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci county profile hidden beaches pariwisata Banyuwangi. Banyuwangi memiliki banyak keindahan alam yang sangat luar biasa oleh sebab itu banyak wisatawan menjadikan Kabupaten Banyuwangi sebagai pilihan wisata ketika berlibur dan rekreasi. Terdapat beberapa pantai yang ramai dan dimintai oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara seperti pantai Plengkung pantai Sukamade pantai Grajagan dan pantai Boom. Meskipun demikian masih banyak wisata pantai yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena belum banyak diketahui dan pantai tersebut tidak kalah indahnya dengan pantai yang sering di kunjungi. Skripsi ini bertujuan untuk merancang media berupa buku county profile yang mengangkat wisata pantai Kabupaten Banyuwangi yang memiliki keindahan eksotik namun masih belum banyak yang mengetahuinya atau tersembunyi yang berjudul The Hidden Beaches . Tujuan dari perancangan ini ialah untuk menciptakan sebuah county profile yang menarik komunikatif dan efektif bagi target audience sebagai alat untuk mempromosikan wisata pantai Kabupaten Banyuwangi. Media dibuat dengan ilustrasi dan desain yang menarik dan simple. Hal ini ditujukan agar wisata pantai di Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai sebuah tujuan wisata alam yang dikenal oleh masyarakat luas hingga sampai mancanegara. Model perancangan yang digunakan yaitu metode prosedural yang mengalami penggabungan dan pemodifikasian antara metode J.C Jones dan Surianto Rustan. Metode yang memiliki langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perancangan diawali dengan merumuskan latar belakang masalah tujuan perancangan mengumpulkan data-data yang diperlukan identifikasi dan analisis data sintesis menetapkan konsep perancangan media utama dan media pendukung kemudian menghasilkan sebuah desain final. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini dilakukan untuk mencari fakta-fakta tentang bagaimana situasi dan kondisi daerah untuk mencari local genius daerah serta mencari fakta tentang entitas daerah. Perancangan media meliputi media utama dan media pendukung. Media utama yaitu buku county profile yang berjudul The Hidden Beaches . Didesain dengan menarik simple dan komunikatif. Buku county profile ini ditulis dalam bahasa inggris karena target audience yang dituju ialah wisatawan mancanegara. Sedangkan media pendukungnya yaitu merchandise dan media promosi. Merchandise yang berupa kaos topi dan hiasan meja (keramik). Merchandise ini ditujukan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke wisata pantai Kabupaten Banyuwangi sebagai souvenir sedangkan media promosi yaitu brosur poster dan x-banner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14157 |
Actions (login required)
View Item |