Perancangan buku berbasis fotografi tentang Indonesian Pastry / Eva Nessia Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku berbasis fotografi tentang Indonesian Pastry / Eva Nessia Septiana

Septiana, Eva Nessia (2012) Perancangan buku berbasis fotografi tentang Indonesian Pastry / Eva Nessia Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci buku fotografi pastry Indonesia Pastry merupakan salah satu jenis kuliner mancanegara yang sedang berkembang di Indonesia. Di Indonesia sendiri sebenarnya pastry sudah ada sejak dahulu dimulai ketika bangsa asing datang untuk berdagang. Pastry-pastry ini kemudian dikenal sebagai kue tradisional Indonesia seperti pastel lumpia dan risoles. Sayangnya karena dikenal sebagai kue tradisional keberadaan pastry khas Indonesia ini semakin tersisih kurang diminati dan dipandang sebelah mata. Tujuan perancangan ini adalah membuat media untuk mengenalkan pastry khas Indonesia kepada masyarakat. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perancangan diawali dengan merumuskan latar belakang masalah menetapkan tujuan perancangan mengumpulkan data-data yang diperlukan identifikasi dan analisis data sintesis menetapkan konsep perancangan media utama dan media pendukung masing-masing media dilanjutkan dengan tahap perencanaan media dan perencanaan kreatif kemudian menghasilkan sebuah desain final. Analisis data menggunakan analisis SWOT sehingga diketahui kekuatan kelemahan peluang dan ancaman produk. Dari hasil analisis diketahui bahwa keunggulan produk adalah tampilan visual produk berupa fotografi yang menarik dan merchandise yang menyertai. Hasil dari perancangan ini adalah buku berbasis fotografi berjudul Mengenal Indonesian Pastry .Buku berisi pengertian pastry sejarah pastry dan pengenalan pastry Indonesia berupa foto yang disertai resep. Produk didesain dengan mengusung tema modern-klasik yang menggunakan fotografi produk pastry sebagai elemen utama. Desain ini disesuaikan dengan target audiens yaitu masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Buku ini dapat digunakan untuk pembelajaran sekolah tata boga maupun untuk para hobiis. Media pendukung perancangan ini adalah media promosi dan merchandise. Media promosi yaitu x-banner poster foto ukuran A2 dan kartu nama sedangkan merchandise yaitu pembatas buku postcard dan celemek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item