Perancangan katalog wisata Kabupaten Nganjuk sebagai media promosi pariwisata / Zahrotul Alfin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan katalog wisata Kabupaten Nganjuk sebagai media promosi pariwisata / Zahrotul Alfin

Alfin, Zahrotul (2012) Perancangan katalog wisata Kabupaten Nganjuk sebagai media promosi pariwisata / Zahrotul Alfin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perancangan Katalog Wisata Kabupaten Nganjuk Media Promosi Media promosi pariwisata merupakan upaya yang dilakukan untuk menyesuaikan produk pariwisata dengan permintaan wisatawan sehingga produk menjadi lebih menarik. Fungsi dari promosi adalah sebagai media informasi yang dapat mempengaruhi target sasaran untuk dapat menarik massa agar berminat dengan mengenal dan memahami terhadap apa yang telah di sampaikan melalui media-media promosi yang telah dibuat. Media promosi wisata di Nganjuk yang pernah dirancang sebelumnya adalah berupa brosur banner billboard dan media elektronika berupa website. Namun media tersebut masih kurang mendukung promosi wisata di Nganjuk karena kurangnya informasi yang ingin disampaikan. Maka perlu dirancang media promosi berupa buku katalog wisata agar pengembangan pariwisata yang ada di Nganjuk dapat meningkat. Tujuan perancangan katalog wisata Kabupaten Nganjuk adalah menghasilkan media komunikasi visual berupa katalog wisata Kabupaten Nganjuk yang berisi informasi lengkap dan komunikatif judul buku katalog yang menarik gaya desain sederhana mudah dibaca dan dimengerti. Perancangan katalog wisata kabupaten Nganjuk sebagai media promosi pariwisata disusun dengan model perancangan prosedural. Model prosedural yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah untuk merancang katalog wisata Nganjuk yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data deskriptif yaitu mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Perancangan katalog wisata kabupaten Nganjuk menggunakan teknik fotografi yang memuat foto setiap hal yang menarik dari tempat wisata yang ada di Nganjuk. Berukuran 20 cm x 20 cm dan terdiri dari 55 halaman fullcolor. Dalam buku katalog ini foto yang disajikan adalah dari dua belas tempat wisata yang ada di Nganjuk yang disertai narasi singkat yang menjelaskan setiap foto sarana transportasi harga tiket masuk rumah makan dan tempat penginapan. Menggunakan gaya desain yang simple mengacu pada gaya desain Early Modern yang ciri-ciri desainnya adalah tanpa hiasan dan warna yang dipakai dibatasi menjadi hanya dua atau tiga warna dasar saja. Media pendukung yang digunakan poster x-banner dan 5 (lima) foto tempat wisata yang ada di Nganjuk untuk pameran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item