Perancangan buku ensiklopedia pop-up bilingual dinosaurus untuk anak usia sekolah dasar / Muhammad Arief Nazaruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku ensiklopedia pop-up bilingual dinosaurus untuk anak usia sekolah dasar / Muhammad Arief Nazaruddin

Nazaruddin, Muhammad Arief (2012) Perancangan buku ensiklopedia pop-up bilingual dinosaurus untuk anak usia sekolah dasar / Muhammad Arief Nazaruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Ensiklopedia Pop-Up Billingual Dinosaurus Buku pop-up banyak di jumpai pada buku- buku dongeng anak fabel komik cerita rakyat dan ensiklopedia yang pasti disukai oleh anak-anak. Tetapi pada kenyataanya anak-anak masih asing dengan istilah buku pop-up. Mereka belum memahami betul apa itu pop-up. Selain itu pengetahuan tentang ensiklopedia pop-up juga belum di mengerti sepenuhnya. Hal itu di karenakan jenis buku seperti ini sangatlah sedikit beredar di masyarakat kita kalaupun ada sebagian besar adalah merupakan buku impor. Sedangkan buku lokal dapat dihitung dengan jari Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan buku cerita anak pop-up yang mampu memperkenalkan dan memberi pengetahuan tentang binatang-binatang pra sejarah dan memberikan hiburan pada anak Produk yang dihasilkan dari buku pop-up ini mempunyai kelebihan untuk menonjolkan kesan yang ingin disampaikan dalam sebuah cerita sehingga lebih dapat terasa karena lebih dapat berinteraksi dengan objek cerita. Pembaca seolah seperti menjadi bagian dari hal yang menakjubkan itu karena mereka memiliki andil ketika mereka membuka halaman buku (Sabuda 2006). Selain itu tampilan visual yang lebih berdimensi membuat cerita semakin terasa nyata ditambah lagi dengan kejutan yang diberikan dalam setiap halamannya. Gambar dapat secara tiba-tiba muncul dari balik halaman atau sebuah bangunan dapat berdiri megah ditengah-tengah halaman dengan cara pemvisualisasi ini kesan yang ingin ditampilkan dapat lebih tersampaikan kepada para pembaca. Kesimpulan perancangan buku ensiklopedia pop-up billingual yang bertema dinosaurus untuk anak usia sekolah dasar ini merupakan salah satu upaya untuk menambah daftar buku ensiklopedia pop-up lokal yang layak untuk anak-anak usia sekolah dasar sebagai sarana penunjang untuk anak dalam menambah pengetahuan mereka tentang dinosaurus dan juga istilah-istilah dalam Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item