Perancangan film animasi 3 dimensi berjudul bermain angka bersama punokawan tentang belajar berhitung untuk anak-anak / Arif Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi 3 dimensi berjudul bermain angka bersama punokawan tentang belajar berhitung untuk anak-anak / Arif Wicaksono

Wicaksono, Arif (2012) Perancangan film animasi 3 dimensi berjudul bermain angka bersama punokawan tentang belajar berhitung untuk anak-anak / Arif Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Film animasi 3 dimensi Belajar Berhitung Punokawan Maraknya film animasi luar negeri yang mampu mengalihkan perhatian anak-anak merupakan ancaman penurunan wawasan anak-anak pada budaya dalam negeri. Kini banyak generasi muda utamanya anak-anak lebih banyak menikmati tayangan produk budaya luar negeri dari pada dalam negeri. Selain itu minimnya tayangan animasi menarik dan mendidik juga turut mewarnai permasalahan yang terjadi. Tujuan dari perancangan Animasi iklan 3 dimensi ini adalah mengemas Film Animasi 3 Dimensi Berjudul Bermain Angka Bersama Punokawan tentang belajar berhitung untuk anak-anak. Dengan tujuan menanamkan kebiasaan gemar berhitung yang menyenangkan pada anak-anak serta mengenalkan dan mengakrabkan unsur-unsur budaya bangsa Indonesia melalui tokoh karakter Punokawan. Perancangan ini menggunakan model perancangan yang diadaptasi dari beberapa model sistem produksi animasi serta beberapa literatur terkait model perancangan lainnya yang sesuai dengan tema film animasi yang selanjutnya dimodifikasi sesuai proses Perancangan Film Animasi 3 Dimensi Berjudul Bermain Angka Bersama Punokawan Tentang Belajar Berhitung Untuk Anak-Anak. Memaparkan secara garis besar proses perancangan muali dari proses pra produksi produksi hingga pasca produksi. Dipaparkan pula hasil analisis serta keperluan perancangan dalam data perancangan teknis perancangan serta anggaran biaya perancangan. Hasil perancangan adalah serangkaian proses perancangan film animasi berdasarkan model perancangan mulai dari pra produksi produksi hingga pasca produksi. Pada proses pra produksi dihasilkan konsep ide serta gagasan film animasi mulai sket desain karakter hingga naskah produksi. Pada proses produksi kegiatan terfokus pada proses animasi dan rendering. Sedangkan pada proses pasca produksi dihasilkan film animasi 3 dimensi (versi demo) dengan durasi 14-15 menit yang dikemas menjadi 2 produk yakni untuk produk komersial dan keperluan tv broadcast. Alur cerita yang dihadirkan dalam perancangan ini adalah kisah petualangan para Punokawan dalam memecahkan setiap masalah melalui pengenalan angka serta kebiasaan berhitung dalam hal positif yang sangat mengasyikan bagi anak-anak. Untuk mendukung hasil perancangan juga dihasilkan pula media-media promosi pendukung seperti buku biografi serta mewarnai Punokawan versi animasi dalam setuap paket penjualan film animasi dalam bentuk produk komersial serta beberapa merchandise bantal edukasi ala Punokawan serta promotional set seperti brosur poster kartu nama perancang serta vertical banner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item