Perancangan buku pengetahuan mengenai pelestarian hutan berbentuk pop-up / Tulus Nur Yuliarini Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku pengetahuan mengenai pelestarian hutan berbentuk pop-up / Tulus Nur Yuliarini Rahayu

Rahayu, Tulus Nur Yuliarini (2012) Perancangan buku pengetahuan mengenai pelestarian hutan berbentuk pop-up / Tulus Nur Yuliarini Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Buku Pop-Up Pelestarian Hutan Anak Tingkat kesadaran manusia dalam melestarikan hutan belum sepenuhnya tertanam pada diri manusia sebagai makhluk Tuhan. Terbukti dari sikap manusia yang mengabaikan pentingnya hutan. Maka perlu dilakukan langkah-langkah positif yaitu menanamkan budaya melestarikan hutan sejak dini. Pembentukan kesadaran sejak dini kepada anak-anak dilakukan karena serapan informasi kedalam otak anak akan lebih tertanam sehingga lebih mudah untuk membangun antusias dan kepedulian untuk melakukan hal-hal positif. Solusi dari permasalahan di atas penulis merancang buku pop-up mengenai pelestarian hutan sebagai media pengetahuan yang dikemas dengan cerita yang sesuai dengan karakteristik anak-anak. Media ini dapat digunakan anak-anak untuk belajar mandiri mengenai lingkungan hidupnya dan bersikap baik terhadap sesama. Metode perancangan yang digunakan dalam pembuatan buku pop-up ini adalah model prosedural yang diawali dengan penjabaran latar belakang perumusan masalah dan tujuan perancangan menentukan metode perancangan mengidentifikasi dan analisis data menentukan konsep perancangan dan visualisasi desain yang terdiri dari rought layout comprehensive layout hingga final product. Dalam membantu kegiatan promosi dan proses belajar anak maka juga dirancang media pendukung seperti pembatas buku tas kalender unik stiker poster x-banner dan leaflet yang semuanya memuat pesan-pesan untuk melestarikan hutan dan melakukan hal yang positif kepada sesama makhluk Tuhan. Pada perancangan ini dapat disimpulkan bahwa buku pop-up Petualangan Kaka dan Kiki Menjelajahi Hutan ini merupakan media yang memberikan informasi mengenai cara-cara untuk melestarikan hutan pada masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Buku ini dapat juga digunakan sebagai media pendidikan anak untuk melestarikan hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item