PENINGKATAN MENTALITAS PROFESIONAL PUSTAKAWAN DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI - Repositori Universitas Negeri Malang

PENINGKATAN MENTALITAS PROFESIONAL PUSTAKAWAN DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI

Santoso, Hari (2011) PENINGKATAN MENTALITAS PROFESIONAL PUSTAKAWAN DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
profesional pustakawan.pdf

Download (107kB)

Abstract

Abstrak. Mentalitas profesional adalah sikap mental seorang pustakawan dalam menjalankan fungsi kepustakawanannya secara profesional berdasarkan kompetensi diri yang meliputi : (1) Kompetensi teknikal, (2) Kompetensi sosial, (3) Kompetensi konseptual, (4) Kompetensi etikal, (5) Kompetensi pembelajaran. Seorang profesional dipersyaratkan memiliki ciri-ciri, yaitu : (1) Body of knowledge (2) Continuing education (3) Altruism (4) Ethics. Sedangkan sikap profesional dapat dirinci menjadi lima komponen, yaitu : (1) Sikap mementingkan kepuasan pemakai, (2) Sikap efisien dan ekonomis, (3) Sikap disiplin, (4) Sikap selalu berupaya meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, serta (5) Sikap senantiasa memelihara rasa kesejawatan dengan teman-teman yang seprofesi. Mentalitas profesional yang harus dimiliki seorang pustakawan pada perpustakaan PT meliputi:(1) Mentalitas mutu, (2) Mentalitas altruistik, (3) Mentalitas melayani, (4) Mentalitas pembelajar, (5) Mentalitas pengabdian, (6) Mentalitas kreatif, dan (7) Mentalitas etis. Dengan mentalitas profesional pustakawan diharapan perpustakaan PT dapat merancang sistem layanan yang berorientasi kepada kebutuhan dan kepuasan pemustaka, yang meliputi aspek : (1) Regulasi layanan (Service regulation) (2) Fasilitas layanan (Service facilities), (3) Peranan Tim Pengarah (Advisory team) (4) Sistem layanan yang sesuai harapan pemustaka (Simple-Cheap-Fast), (5) Budaya layanan Manfaat terciptanya kepuasan pemustaka, yaitu : (1) Hubungan antara perpustakaan PT dan pemustaka menjadi harmonis, (2) Timbul rasa memiliki pada diri pemustaka , (3) Terciptanya loyalitas pemustaka , (4) Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perpustakaan PT, (5) Reputasi perpustakaan PT menjadi semakin baik di mata pemustaka. Kata kunci : Mentalitas, profesional, pustakawan perpustakaan PT

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:37
Last Modified: 25 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item