Analisis tentang visualisasi iklan layanan masyarakat worldwide found for nature versi"emergency rescue" : analisis pada iklan cetak dengan pendekatan semiotika / Desy Sari Adiyanti

Adiyanti, Desy Sari (2012) Analisis tentang visualisasi iklan layanan masyarakat worldwide found for nature versi"emergency rescue" : analisis pada iklan cetak dengan pendekatan semiotika / Desy Sari Adiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci:Visualisasi, Iklan Cetak, Iklan Layanan Masyarakat, Semiotika, Worldwide Fund for Nature, Emergency Rescue Analisis ini merupakan analisis terhadap Iklan Cetak Layanan Masyarakat Worldwide Fund for Nature versi ÔÇ£Emergency RescueÔÇØ. Tujuan dari analisis ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan tentang iklan cetak layanan masyarakat Worldwide Fund for Nature versi ÔÇ£Emergency RescueÔÇØ dengan menggunakan pendekatan semiotika yang terkait dengan ikon, indeks, simbol. Analisis ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa gambar iklan cetak layanan masyarakat Worldwide Fund for Nature versi ÔÇ£Emergency RescueÔÇØ yang diperoleh dari situs internet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara studi dokumentasi dan studi literatur. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis dimulai dengan tahap pengumpulan data, tahap penyeleksian data, tahap identifikasi data, tahap klasifikasi data, dan tahap interpretasi. Berdasarkan hasil analisis semiotika tersebut, diperoleh kesimpulan tentang visualisasi iklan cetak layanan masyarakat Worldwide Fund for Nature adalah berdasarkan ikon, indeks, simbol, ikon Dalam visualisasi iklan cetak layanan masyarakat Worldwide Fund for Nature telah teridentifikasi tipe tanda ikon, indeks, dan simbol. Tipe tanda ikon menampilkan tim ÔÇ£Emergency RescueÔÇØ. Tim ÔÇ£Emergency RescueÔÇØ dalam visual iklan ini terdiri dari tim pemadam kebakaran, tim medis, dan tim penyelamat perairan. Seluruh anggota penyelamat tersebut merupakan lambang dari manusia yang lambat dalam menghadapi bumi yang sedang kritis.Tipe indeks divisualkan dengan berbagai indeks yang menunjukkan tanda-tanda terjadinya keadaan darurat yang dimaksud. Misalnya asap karena kebakaran, mobil yang terbalik karena kecelakaan, kapal yang meluncurkan kembang api tanda darurat karena akan tenggelam. Semua merupakan indeks dari keadaan darurat yang memperlukan pertolongan segera. Namun visual tersebut hanya simbolisasi dari keadaan darurat bumi yang sama daruratnya dengan kejadian yang divisualkan. Tanda tipe simbol yang teridentifikasi berupa simbol bahasa dan simbol isyarat, atau gerakan. Simbol bahasa terdapat pada headline dan subheadline, sedangkan simbol gerakan berupa pose tim penyelamat dalam iklan dimana sesuai dengan hasil interpretasi bahwa iklan layanan masyarakat ini mengajak masyarakat untuk segera melakukan sesuatu untuk planet bumi, dan manusia tidak boleh lambat dalam mengatasi hal ini seperti yang dilakukan oleh tim penyelamat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item