Perancangan buku cerita rakyat bergambar tentang pemandian Tirtajati / Novi Pradana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita rakyat bergambar tentang pemandian Tirtajati / Novi Pradana Putra

Putra, Novi Pradhana (2012) Perancangan buku cerita rakyat bergambar tentang pemandian Tirtajati / Novi Pradana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Buku Bergambar Cerita Rakyat Pemandian Tirtajati Cerita rakyat merupakan bagian dari hasil budaya bangsa Indonesia yang mulai tergusur oleh perkembangan zaman. Sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia cerita rakyat perlu dijaga dan dilestarikan. Salah satunya adalah Legenda Pemandian Tirtajati. Pemandian Tirtajati merupakan salah satu objek wisata unggulan Blitar. Sayangnya Legenda Pemandian Tirtajati ini kurang dikenal secara baik sehingga tidak di ketahui oleh masyarakat. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan inovasi untuk melestarikan cerita rakyat tentang Pemandian Tirtajati Salah satunya adalah melalui media buku cerita bergambar. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan buku cerita rakyat bergambar tentang Pemandian Tirtajati dan menanamkan nilai budi pekerti yang terdapat di dalamnya. Jenis cerita rakyat dalam perancangan ini adalah Legenda. Legenda merupakan cerita mengenai asal-usul suatu tempat. Model Perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural dengan melakukan langkah-langkah yang ditempuh meliputi Identifikasi masalah pengumpulan data analisa sintesis konsep desain hingga hasil akhir berupa buku cerita rakyat bergambar dan media promosi. Dalam analisis data dilakukan pengkajian mengenai kekuatan kelemahan kesempatan dan ancaman dari produk yang dirancang. Selain itu dalam analisis data juga dilakukan pengkajian terhadap target audience target market potensi pasar dan jangkauan media. Konsep perancangan buku cerita rakyat tentang Pemandian Tirtajati disesuaikan dengan target audience. Targer audience perancangan ini adalah anak-anak. Dilakukan penyesuaian bentuk pesan verbal dengan memperhalus jalan cerita yang mengandung unsur kekerasan. Dalam perancangan ini juga dilakukan penyesuaian bentuk pesan visual dengan penggunaan gaya ilustrasi desain karakter tipografi dan background yang disesuaikan dengan karakteristik anak-anak. Dengan adanya perancangan buku cerita rakyat bergambar tentang Legenda Pemandian Tirtajati ini diharapkan nantinya dapat untuk melestarikan cerita rakyat yang merupakan hasil budaya Indonesia dan Menanamkan nilai budi pekerti yang terkandung dalam cerita rakyat Legenda Pemandian Tirtajati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item